Tips Biar nggak Grogi....

Hmmm...
Kembali Lagi neh,
apa kabar neh para sobat-sobat sekalian,
ana do'ain supaya baek-baek aja,

O ya, pada postingan kali ini. Ana mau membagi pengalaman ana yang baru saja terjadi.
neh... terinspirasi dari temen-temen ana yang katanya grogi saat Quis Dasar Pemprograman tadi. Sebenarnya kita udah menguasai materi yang akan di ujikan tetapi alamat Lah kapal. Pada saat ujian di laksanakan, semuanya hilang dan tak tahu apa yang harus dilakukan. bingung dan cemas pun melanda hinggga pada akhirnya gagal dalam ujian tersebut.

Begitu juga perasaan "nervous" atau grogi pada saat memulai presentasi adalah hal yang hampir pasti dialami oleh semua orang. Bahkan seseorang yang telah berpengalaman berbicara di depan umum pun tidak terlepas dari perasaan grogi atau "demam panggung" ini. Ada pakar yang mengatakan bahwa perasaan grogi ini muncul karena melemahnya rasa percaya diri pada seseorang. Namun, seorang yang sangat berkuasa pun, misal presiden direktur yang berbicara pada bawahannya, masih juga terjangkit grogi. Ada juga anjuran agar anda mempersiapkan diri sebaik-baiknya sebelum menyajikan presentasi, namun toh perasaan grogi itu tetap muncul. Ini berarti grogi atau nervous bukanlah hal yang bisa dihindari begitu saja. Malahan bila perlu ditangani agar memberi nilai tambah dalam presentasi anda. Baiklah, anda kini sedang menunggu giliran untuk menyampaikan presentasi. Anda telah mempersiapkan segalanya. Namun, anda tetap saja grogi, nervous, gugup dan lain sebagainya.


Ujian pun sebentar lagi....
dan ini pun tak jauh-jauh dari perasaan grogi tersebut. Ketakutan membayangi, bagaimana seandainya gagal, sulit mengerjakan soal yang diberikan sehingga tidak lulus? Apa kata dunia? Ditaruh di mana mukaku ini? Bagaimana keluargaku, guruku Temanku? Perasaan yang lain menghantui.

Berpatokan pada kasus yang terjadi...., siswa yang kesehariannya pintar, rajin, aktivis sekolah, sisi luar tak ada cacatnya, tidak pernah gagal saat ulangan. Dia pingsan saat membuka lembaran kertas pengumuman. Kata tercetak di sana. TIDAK LULUS.
Setelah ditanya.... Mengapa itu terjadi. Apa jawabnya, ternyata saat menempuh ujian ia merasa grogi. Ia nervous sebelum menghadapinya. Ia membayangkan berbagai kemungkinan terburuk yang terjadi. Itulah yang di kepalanya. Tidak lulus bagaimana?


Dilain sisi ada juga kejadian seseorang Lebih memilih untuk pulang daripada harus berbicara di depan umum. Dia merasa takut ketika harus pertama kali tampil diatas panggung. Sebenarnya itu adalah hal yang lumrah. Karena walaupun udah terbiasa berbicara di depan umum tapi tetap aja merasa cemas terutama ketika harus menghadapi sesuatu hal yang baru bagi kita. Namun hal tersebut akan menjadi biasa ketika kita sudah menjalaninya.

Rasa gelisah ini merupakan pertanda positif bagi Para Sobat-sobat sekalian untuk berhati-hati dan melakukan dengan benar. Yang menjadi masalah adalah ketika rasa gelisah tersebut berlebihan.

jangan khawatir deh, ana punya tips neh. Mudah-mudahan dapat digunakan masalah-masalah diatas dapat teratasi agar gk grogi Lagi ke depannya hingga sukses pun di raih. Ammiiinn....

1. Pahami bahwa perasaan grogi adalah energi positif Apa yang sobat-sobat rasakan saat grogi? Dada berdebar-debar, keringat dingin mengucur, bibir bergetar, dan darah seolah mengalir lebih cepat. Pahami bahwa semua itu adalah sebuah dorongan energi yang meluap dari dalam diri sobat. Tidak ada yang salah pada energi itu. Ia perlu disalurkan secara positif.


2. Mempersiapkan mental dengan cara membangun rasa percaya diri dan mengendalikan rasa takut serta emosi. Khusus untuk mengatasi kaki yang gemetaran,





3. Berusahalah konsentrasi dan tenang pada saat akan ujian dan tingkatkan rasa percaya diri yakinkan diri sobat bahwa soal-soal itu bisa di kerjakan.


4. Pada saat berbicara di depan umum, jangan mengharuskan diri tampil sempurna pada tiap kesempatan karena hanya akan mempercepat timbulnya rasa grogi ketika sedikit saja kekurangan Anda tampak. Yakinlah semua orang mempunyai kekurangan dan tidak semua orang mampu berbicara dengan baik di depan umum.



5.Buatlah Rencana Belajar

Yang termasuk di dalamnya:

· Kriteria pelajaran sulit hingga mudah

· Buatlah konsep belajar poin yang dipelajari

· Kumpulkan bahan ujian yang ada

· Buatlah jadwal belajar

· Sesuaikan waktu belajar dengan criteria pelajaran

· Belajarlah dengan perhitungan waktu yang efektif

· Kumpulkan berbagai macam soal

· Disiplinlah terhadap dirimu


6. Yang terakhir dan yang terpenting berdo'aLah sebelum akan memulai sesuatu. Sehingga di berikan kemudahan dalam berbuat.

Nah... itu tadi beberapa tips agar gak grogi,
Mudah-mudahan bermanfaat...
Belajar berbagi untuk membagi dalam belajar.....

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berkomentar lah dengan yang sopan yang tidak mengandung unsur SARA, PORNOGRAFI, Dan TIDAK diperkenankan untuk PROMOSI selain Persetujuan dari ADMIN. Jika di lakukan, Maaf komentar akan DI HAPUS.

Untuk menggunakan Emoticon Komentar, Klik Emoticon yang akan di pasang. Akan muncul kode emoticonnya. Masukkan itu pada saat berkomentar. Terima Kasih
EmoticonEmoticon