Menggenggam Custom Domain Blogger dengan Mudah

Hai sobat blogger, Apa kabarnya neh?? Hmm… pada postingan pertama di tahun 2012 ini, ana (saya) akan berbagi informasi mengenai Menggeng...

Hai sobat blogger,
Apa kabarnya neh??

Hmm… pada postingan pertama di tahun 2012 ini, ana (saya) akan berbagi informasi mengenai Menggenggam Custom Domain Blogger dengan Mudah... Seberapa pentingnya domain blogger itu??


Memang blog ini masih newbie (baru), tapi ana (saya) mendapatkan berbagai informasi dari teman-teman yang sudah sukses dalam bisnis online. Custom domain merupakan nama domain pilihan yang bisa digunakan sebagai alternative dalam menggantikan blog sobat-sobat sekalian pada blogger (blogspot) atau penyedia blog lainnya. Sehingga blog sobat-sobat menjadi lebih terlihat serius dan professional dalam pengelolaannya.

Salah satu pertanyaan yang mungkin muncul adalah seberapa mahalkah Custom domain itu?


Menjadi tanda tanya besar juga untuk ana (saya), sebab ana (saya) belum pernah mencoba menggunakan Custom domain itu. Tetapi dari berbagai informasi yang didapat. Untuk menggantikan menjadi domain internasional, sobat-sobat butuh sekitar 60-150 ribu /tahun (Tergantung dari penyedia jasa hosting dan domain). Salah satu penyedia jasa hosting dan domain adalah jasa pembuatan blog. Dan disini juga termasuk murah dalam mencoret blogspot menjadi .com berkisar antara 80 ribu-120 ribu.

Setelah domain sudah didapat, untuk menggunakan domainnya memiliki cara-cara yang mudah untuk dipahami. Langkah-langkahnya adalah :

* Jika sobat telah mendapatkan domain nya, silahkan login ke kontrol panel domain sobat, tentunya dengan username serta password yang telah di berikan.

* Sorot menu Domains kemudian pilih List All Orders.


* Klik pada domain yang ingin anda setting untuk custom domain.

* Klik tab menu DNS, lalu klik tombol Active DNS


* Klik tombol Auto-update nameservers


* Akan ada keterangan bahwa nameserver yang baru bisa aktif dalam waktu 24-72 jam.
Nameserver Modifications completed successfully. You will need to allow a 24-72 hour propagation time for the DNS service to begin working.

* Masih dalam tab menu DNS, klik tombol Manage DNS, akan muncul halaman baru, kemudian klik tab menu CNAME Records, lalu klik tombol Add CNAME Record

* Isi Host Name dengan www , lalu isi Value dengan ghs.google.com , untuk TTL biarkan saja. Akhiri dengan klik tombol Add Record.

* Setelah proses selesai, klik tab A Records. kemudian klik tombol Add A Record

* Untuk Host Name biarkan kosong, isi Destination IPv4 Address dengan 216.239.32.21 , untuk TTL biarkan apa adanya. Kemudian klik tombol Add Record

* Lakukan langkah Add A record sebanyak 3 kali lagi, namun IP yang di masukkan adalah nomor 216.239.34.21 , 216.239.36.21 , 216.239.38.21 . Sehingga nanti akan ada 4 records yang dihasilkan

* Langkah penambahan IP diatas dimaksudkan agar blog sobat tidak mengalami error apabila diakses tanpa www.

* Untuk setting CNAME pada domain telah selesai, langkah selanjutnya adalah setting pada blog anda yang di blogger.

Berikut cara setting blog anda yang di blogger
* Silahkan login ke blogger dengan ID sobat
* Klik Setelan untuk yang mau di custom domain

* Klik tab Penerbitan
* Klik Domain Ubahsesuaian

* Klik Beralihlah ke pengaturan lanjut

* Isilah Domain Anda dengan nama domain yang tadi disetting DNS nya, jangan lupa sertakan www didepannya. formatnya adalah www.domainanda. Contoh www.indodesigner.net. Isilah verifikasi kata yang ada dan akhiri dengan klik tombol SIMPAN SETELAN.


* Selesai.

Setelah selesai dalam registrasi domain, namun dalam beberapa waktu agak sulit untuk diakses dengan domain baru. Biasanya kurang dari 24 jam sudah dapat diakses kembali dengan tambahan domain terbaru pada blog sobat.

Salah satu tujuan ana (saya) membuat blog adalah untuk berbagi informasi dengan sobat-sobat yang jauh dan hanya dapat dijangkau dalam dunia maya ini. Memang kita belum saling mengenal tetapi insya allah dalam ukhuwah kita menjadi bersaudara.

Tujuan lainnya yaitu ana (saya) ingin kita saling mengingatkan bahwa kita hidup tidak hanya sendiri. Maksudnya ana (saya) ingin kita semua bisa merasakan apa yang dirasakan saudara-saudara kita yang saat ini masih menggantungkan harapannya.


Entah itu, harapan untuk sekedar sesuap nasi ataupun mereka berharap agar masih ada hari esok.

Cuma sekedar mengingatkan dari kesibukkan sobat-sobat .

Maka dari itu, ana (saya) memulainya dari sekitar ana (saya) sendiri. Satu prinsip ana (saya) :
"Jika kamu tidak suka apa yang ada di sekeliling mu, ubahlah, setidaknya ubahlah dirimu sendiri. Ingat, kamu bukan sebatang pohon."

Sederet kalimat itu yang mengobarkan semangat ana (saya). Mungkin bagi sebagian orang itu memang tidaklah mungkin, atau malah menertawakan. Tetapi ana (saya) yakin dengan sedikit perubahan ini, semuanya bisa terjadi.

Sebagai langkah selanjutnya ana (saya) ingin menyuarakan “Segenggam Harapan…” ini pada semua orang di seluruh dunia. Kenapa tidak? Seluruh dunia perlu tahu bahwa masih ada yang ingin menyuarakan keadilan itu. Untuk itu, ana (saya) berupaya memperbaiki terlebih dahulu hal-hal yang perlu dilakukan yakni mungkin suatu perubahan pada blog ana (saya). Salah satunya adalah menambahkan domain internasional seperti .com pada blog ana (saya). Dan mengikuti kontes ini merupakan langkah pertama ana (saya) dalam menunjukkan keseriusan akan adanya perubahan itu. Maka dari itu, ana (saya) mengharapkan dukungan dari sobat-sobat blogger semua. Bersama kita lebih baik.

Mungkin hanya itu yang dapat ana (saya) bagi pada postingan kali ini. Sedikit tambahan, dalam menggunakan Custum Domain. Kita mendapatkan berbagai keuntungan. Diantaranya yaitu tercerminnya keseriusan kita pada pengelolaan blog ini. Dan tidak perlu khawatir dalam memikirkan hosting, kita dapat menggunakan server FTV eksternal jika diinginkan atau dapat langsung kepada penyedia layanan hosting seperti di situs ini. Cukup dengan hanya membayar domain pertahun. Sobat tidak perlu lagi memikirkan bayar hosting atau kehabisan bandwidth.

Mungkin kita terpengaruh dengan mitos bahwa dengan menggunakan custom domain maka kita akan kehilangan pengunjung. Dengan tegas ana (saya) menjawab SALAH dan mitos itu tidak benar. Karena blogger akan mengarahkan (redirect) pengunjung ke alamat domain yang baru.

Semoga Menggenggam Custom Domain Blogger dengan Mudah... dapat bermanfaat terkhusus untuk sobat-sobat blogger dalam mengarungi dunia pem-blogger-an.

TetapLah berharap untuk hari esok,
Karena hidup akan selalu menyandangkan harapan untuk hari esok,


COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...

Nama

Artikel,66,Cerita singkat,82,Java,12,SEO,15,Tahukah sobat??,21,Tips dan Trik,15,Tips.....n' Trick.....,14,Tutorial,20,Tutorial Blogger,50,
ltr
item
Blog Salman Syuhada: Menggenggam Custom Domain Blogger dengan Mudah
Menggenggam Custom Domain Blogger dengan Mudah
https://3.bp.blogspot.com/-TsFvzd0PPNg/TxBMCxZZ5AI/AAAAAAAAA2c/YMyXV-eFyZo/s320/domain.jpeg
https://3.bp.blogspot.com/-TsFvzd0PPNg/TxBMCxZZ5AI/AAAAAAAAA2c/YMyXV-eFyZo/s72-c/domain.jpeg
Blog Salman Syuhada
http://blog.salmansyuhada.com/2012/01/menggenggam-custom-domain-blogger.html
http://blog.salmansyuhada.com/
http://blog.salmansyuhada.com/
http://blog.salmansyuhada.com/2012/01/menggenggam-custom-domain-blogger.html
true
5369818979434965955
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy