[Aneh dan menarik] Biji tertua di dunia...

-[Aneh dan menarik] Biji tertua di dunia...

Hmm... pa kabar neh sobat-sobat,.
da berita unik neh...
yakni Biji tertua di dunia...



Para peneliti Israel yang menanam anak pohon dari suatu benih yang ditemukan di benteng kuno Masada mengatakan, bahwa benih yang ditemukan itu telah berusia 2.000 tahun dan mungkin dapat membantu menumbuhkan kembali suatu spesies pohon yang pernah tumbuh di zaman Injil.


Sekilas, palem setinggi 1,2 meter yang berusia tiga tahun ini tak begitu istimewa. Namun sangat bernilai karena tumbuh dari sebuah biji berusia 2000 tahun(Umur 2000 tahun diketahui dari hasil pengukuran radiokarbon).

Tumbuhan tersebut mungkin memecahkan rekor sebagai tumbuhan yang berasal dari biji tertua di dunia. Sebab, tumbuhan dan biji tertua selama ini dipegang sebuah tumbuhan teratai yang berasal dari biji berusia 1300 tahun.
Pohon palem ini diberi nama methuselah yang diambil nama orang tertua di Injil. Pohon kecil itu tumbuh pada 2005 dari tunas biji kurma yang ditemukan di benteng Masada (yang dikenal sebagai lokasi pelarian orang-orang Yahudi yang memilih bunuh diri daripada ditangkap tentara Romawi). Diduga induknya mungkin menjadi sumber makanan bagi kaum Yahudi yang terkepung di Masada, 48,3 kilometer sebelah tenggara Yerusalem, pada 2.000 tahun silam.

Perkembangan pohon methuselah ini dilaporkan Sallon, Direktur Louis L. Borick Natural Medicine Research Center di Had Assah Medical Organization di Israel, dalam jurnal Science, Jumat lalu. Namun, mereka belum tahu apakah pohon palem itu jantan atau betina dan apakah ia bisa menghasilkan buah. Palem kurma memang memiliki jenis kelamin berbeda, tapi para pakar baru bisa membedakannya setelah pohon itu berusia 6 atau 7 tahun.

Benih pohon ini berasal dari pohon palem Judea, suatu spesies pohon yang pernah tumbuh subur di Lembah Sungai Yordan dan sudah punah selama berabad-abad, kata Sallon dan benih ini merupakan salah satu benda yang ditemukan di Masada, istana musim dingin yang berhadapan dengan Laut Mati yang dibangun oleh Raja Herodes di abad 1 SM.

“Benih tersebut berhasil bertahan dan tumbuh,” kata Sallon. Berbagai upaya untuk menumbuhkan tanaman ini dari benih-benih kuno pada sebelumnya telah gagal setelah beberapa hari. “Semula kami tidak bisa membelah potongan-potongan dari benih untuk penanggalan Karbon. Akan tetapi ketika kita memindahkan tanaman itu ke pot yang lebih besar, kami menemukan fragmen-fragmen dari benih di akar, yang mana dapat kami gunakan untuk perhitungan dengan menggunakan penanggalan karbon,” jelas Sallon.

Hal ini menguak misteri bahwa pohon itu berumur sekitar 2.000 tahun dan sejumlah studi genetik sebelumnya telah menyatakan bahwa pohon ini mungkin berbagi separuh kode genetiknya dengan biji yang lebih modern.

Meski demikian, para peneliti telah mempelajari DNA tumbuhan tersebut.
Mereka menyimpulkan bahwa gennya hanya mewarisi setengah gen palem modern yang masih banyak tumbuh di Israel saat ini.

Sallon mengatakan masih besar harapan untuk mempertahankan plasma nutfahnya tidak hanya untuk sebagai sumber makanan namun obat-obatan.

Salah satu program yang dipimpinnya, Proyek Tanaman Obat Timur Tengah sedang bekerja keras untuk menanam tumbuhan tesebut di wilayah yang cocok.

Pohon Palem Judea juga dipercaya dapat memberikan suatu pengobatan alami mulai dari masalah jantung hingga sembelit. Sebelum biji methuselah ini, biji tertua yang dapat tumbuh adalah lotus, berusia 1.300 tahun yang ditanam di Amerika pada 1990-an. (sumber:global)

Nah... demikian tentang Biji tertua di dunia...,
semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan sobat,
Baca yang Unik Lainnya...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berkomentar lah dengan yang sopan yang tidak mengandung unsur SARA, PORNOGRAFI, Dan TIDAK diperkenankan untuk PROMOSI selain Persetujuan dari ADMIN. Jika di lakukan, Maaf komentar akan DI HAPUS.

Untuk menggunakan Emoticon Komentar, Klik Emoticon yang akan di pasang. Akan muncul kode emoticonnya. Masukkan itu pada saat berkomentar. Terima Kasih
EmoticonEmoticon