Masalah 3 : Mengatasi pesan Parity Check Error...

Kelanjutan dari masalah-masalah mengenai RAM dan solusinya. Sebelumnya, ana membahas :
Masalah 1 : RAM tidak terdeteksi dan solusinya... dan Masalah 2 : Mengatasi Blue Screen setelah menginstal RAM baru...

Nah untuk masalah RAM lainnya adalah mengenai Masalah 3 : Mengatasi pesan Parity Check Error...



Masalah seperti ini dapat muncul karena beberapa faktor,antara lain :
- terjadi kerusakan pada salah satu RAM,
- terdapat virus parity boot pada hard disk sobat.

kita akan membahas tentang faktor yang pertama karena faktor ini lebih sering terjadi. Kerusakan pada salah satu RAM dapat terjadi karena ketidaksesuaian antara RAM yang satu dengan yang lain. RAM dapat berupa paritas (ECC) dan non-paritas (non-ECC). Jika dua jenis RAM ini bekerja dalam satu komputer maka akan terjadi trouble/kesalahan. Oleh karena itu, jangan menggunakan 2 jenis RAM yang berbeda agar komputer dapat berjalan lancar.

Sekarang kita akan membahas tentang masalah yang diakibatkan karena salah satu RAM rusak dan mengakibatkan munculnya Parity Check Error.

1. Jika sobat memiliki 2 RAM atau lebih, periksalah satu per satu RAM. Untuk mendeteksi kondisi RAM ikuti langkah berikut :

a. Lepaskan RAM yang ada pada komputer sobat.

b. Bengkokkan RAM pada bagian tengahnya (bukan untuk mematahkannya). Dan dengarkan suara yang terjadi akibat pembengkokan tersebut.

c. Jika tidak ada suara apapun berarti kemungkinan besar RAM dalam kondisi yang baik. Jika terdapat suara yang terdengar seperti patahan-patahan kecil, berarti kemungkinan RAM sudah rusak dan harus diganti dengan yang baru.

2. Setelah sobat menyeleksi RAM yang ada pada komputer, bersihkan RAM seperti yang sudah dijelaskan pada materi sebelumnya.

3. Pasang RAM yang masih dalam kondisi baik pada soket RAM yang tersedia dan simpan RAM yang sudah rusak.

4. Hidupkan komputer sobat. (Source :YanSimbaPatria. 2010.Trik Mengatasi Masalah Komputer Sehari-hari untuk Pemula.PT Elex Media Komputindo : Jakarta)

Itulah beberapa cara mengatasi masalah-masalah pada RAM. Semoga dapat membantu sobat dalam penggunaan komputer. Semoga dengan ini dapat mengatasi Masalah 3 : Mengatasi pesan Parity Check Error...
Semoga bermanfaat... :D

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berkomentar lah dengan yang sopan yang tidak mengandung unsur SARA, PORNOGRAFI, Dan TIDAK diperkenankan untuk PROMOSI selain Persetujuan dari ADMIN. Jika di lakukan, Maaf komentar akan DI HAPUS.

Untuk menggunakan Emoticon Komentar, Klik Emoticon yang akan di pasang. Akan muncul kode emoticonnya. Masukkan itu pada saat berkomentar. Terima Kasih
EmoticonEmoticon