Masalah 3 : Mengatasi pesan Parity Check Error...

Kelanjutan dari masalah-masalah mengenai RAM dan solusinya. Sebelumnya, ana membahas : Masalah 1 : RAM tidak terdeteksi dan solusinya... d...

Kelanjutan dari masalah-masalah mengenai RAM dan solusinya. Sebelumnya, ana membahas :
Masalah 1 : RAM tidak terdeteksi dan solusinya... dan Masalah 2 : Mengatasi Blue Screen setelah menginstal RAM baru...

Nah untuk masalah RAM lainnya adalah mengenai Masalah 3 : Mengatasi pesan Parity Check Error...



Masalah seperti ini dapat muncul karena beberapa faktor,antara lain :
- terjadi kerusakan pada salah satu RAM,
- terdapat virus parity boot pada hard disk sobat.

kita akan membahas tentang faktor yang pertama karena faktor ini lebih sering terjadi. Kerusakan pada salah satu RAM dapat terjadi karena ketidaksesuaian antara RAM yang satu dengan yang lain. RAM dapat berupa paritas (ECC) dan non-paritas (non-ECC). Jika dua jenis RAM ini bekerja dalam satu komputer maka akan terjadi trouble/kesalahan. Oleh karena itu, jangan menggunakan 2 jenis RAM yang berbeda agar komputer dapat berjalan lancar.

Sekarang kita akan membahas tentang masalah yang diakibatkan karena salah satu RAM rusak dan mengakibatkan munculnya Parity Check Error.

1. Jika sobat memiliki 2 RAM atau lebih, periksalah satu per satu RAM. Untuk mendeteksi kondisi RAM ikuti langkah berikut :

a. Lepaskan RAM yang ada pada komputer sobat.

b. Bengkokkan RAM pada bagian tengahnya (bukan untuk mematahkannya). Dan dengarkan suara yang terjadi akibat pembengkokan tersebut.

c. Jika tidak ada suara apapun berarti kemungkinan besar RAM dalam kondisi yang baik. Jika terdapat suara yang terdengar seperti patahan-patahan kecil, berarti kemungkinan RAM sudah rusak dan harus diganti dengan yang baru.

2. Setelah sobat menyeleksi RAM yang ada pada komputer, bersihkan RAM seperti yang sudah dijelaskan pada materi sebelumnya.

3. Pasang RAM yang masih dalam kondisi baik pada soket RAM yang tersedia dan simpan RAM yang sudah rusak.

4. Hidupkan komputer sobat. (Source :YanSimbaPatria. 2010.Trik Mengatasi Masalah Komputer Sehari-hari untuk Pemula.PT Elex Media Komputindo : Jakarta)

Itulah beberapa cara mengatasi masalah-masalah pada RAM. Semoga dapat membantu sobat dalam penggunaan komputer. Semoga dengan ini dapat mengatasi Masalah 3 : Mengatasi pesan Parity Check Error...
Semoga bermanfaat... :D

COMMENTS

BLOGGER

Nama

Artikel,66,Cerita singkat,82,Java,12,SEO,15,Tahukah sobat??,21,Tips dan Trik,15,Tips.....n' Trick.....,14,Tutorial,20,Tutorial Blogger,50,
ltr
item
Blog Salman Syuhada: Masalah 3 : Mengatasi pesan Parity Check Error...
Masalah 3 : Mengatasi pesan Parity Check Error...
http://4.bp.blogspot.com/-tUQUhxyS8yA/T2HIq0CRVOI/AAAAAAAABGg/QWwBzRkRHao/s400/ram4.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-tUQUhxyS8yA/T2HIq0CRVOI/AAAAAAAABGg/QWwBzRkRHao/s72-c/ram4.jpg
Blog Salman Syuhada
http://blog.salmansyuhada.com/2012/03/masalah-3-mengatasi-pesan-parity-check.html
http://blog.salmansyuhada.com/
http://blog.salmansyuhada.com/
http://blog.salmansyuhada.com/2012/03/masalah-3-mengatasi-pesan-parity-check.html
true
5369818979434965955
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy