[Bahasa Indonesia] Masa-masa penting dalam perkembangan Bahasa Melayu menjadi Bahasa Indonesia

-[Bahasa Indonesia] Masa-masa penting dalam perkembangan Bahasa Melayu menjadi Bahasa Indonesia Oleh: Agung Setiadi Masa-mas...


-[Bahasa Indonesia] Masa-masa penting dalam perkembangan Bahasa Melayu menjadi Bahasa Indonesia


Oleh: Agung Setiadi


Masa-masa penting dalam perkembangan Bahasa Melayu menjadi Bahasa Indonesia :

l  Penyusun ejaan resmi bahasa melayu pada tahun 1901 oleh Ch.A.van ophujsen yang termuat dalam kitab logat melayu. Ejaan ini di sebut van ophujsen dan di perbaiki tanggal19 maret 1945.

l  Pada tahun 1908 di buat Pendirian taman bacaan rakyat ( commisie vor de volkslectuur ), selanjutnya pada tahun 1917 di ubah namanya menjadi balai pustaka.

l  Pada tahun 1918 ketetapan ratu belanda yang memberikan kebebasan kepada para anggota dewan rakyat untuk menggunakan bahasa melayu dalam forum.

l  Peristiwa sumpah pemuda pada tanggal 28 oktober 1928 adalah penetapan bahasa indonesia yang berasal dari bahasa melayu sebagai bahasa nasional.

l  Tahun 1933 berdiri angkatan pujangga baru atau angkatan 33 yang di pimpin oleh sultan takdir alisyahbana. Di muat dalam majalah budaya sastra ini sangat berperan dalam peerkembangan bahasa indonesia.

l  Solo,25-27 juni 1938, kongres bahasa indonesia 1 di selenggarakan dengan tujuan mencari pedoman bagi para pemakai bahasa, mengatur bahasa, dan mengusahakan agar bahasa indonesia tersebar lebih luas keseluruh wilayah indonesia.

Pencetus gagasan penyelenggaraan kongres bahwa bahasa indonesia adalah wartawan harian soeara oemoem, surabaya , Radenmas Soedardjo Tjokrosisworo.

l  Peristiwa pendudukan jepang di indonesia antara tahun 1942-1945.pada masa ini justru bahasa indonesia mengalami kemajuan yang pesat. Betapa tidak ? Di saat sisi pemerintahan jepang melarang menggunakan bahasa asing seperti belanda dan inggris, di sisi laen maksud mereka untuk menggunakan bahasa jepang sebagai alat komunikasi  pun tidak memungkinkan karena memang belum di kenal rakyat indonesia akhirnya bahasa indonesia lah yang menjadi alat penghubung satu-satunya pada saat itu berbagai karya banyak di hasil kan sehingga pertumbuhan bahasa semakin cepat.

l  Tagal 18 agustus 1945 , penetapan fungsi bahasa indonesia sebagai bahasa nasional dan dinyatakan dalam UUD 1945 bab XV,passal 36.

l  Tahun1945 kongres bahasa indonesia II di medan , hasil kongres ini di antaranya adalah saran pembentukanbadan yana kompeten yang bertugas untuk menyempurnakan bahasa indonesia juga pembaharuan ejaan,komisi istilah dan sebagainya.

l  Penetapan pemakai ejaan baru oleh Presiden Soeharto pada tanggal 16 agustus 1972 yang dinamai degan Ejaan ang Disempurnakan (EYD).

l  Tanggal 1 februari 1975 ,perubahan nama lembaga nasional yang selama ini menangani berbagai hal yang berkaitan dengan bahasa dan sastra indonesia Menjadi pusat pembinaan dan perkembangan bahasa.

l  Jakarta 28 Oktober – 3 november 1978 ,kongres bahasa Indonesia III di selenggarakan bertepatan dengan  hari sumpah pemuda yang ke 50. kongres ini bertujuan untuk memantapkan kedudukan dan fungsi bahasa indonesia sebagai bahasa nasional.

l  Penetapan bulan bahasa pada tanggal 28 oktober 1980 yang di laksanakan selama satu bulan.

l  Jakarta, 21-26 oktober 1983 kongres bahasa indonesia IV bertujuan menetapkan kedudukan dan  fungsi bahasa indonesia sebagai sarana komunikasi pemerintahan, sarana pengembangan kebudayaan, sarana pendidikan dan pengajaran serta sarana pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern.

l  Jakarta, 28 oktober – 3 november 1988, kongres bahasa V di selenggarakan bertepatan dengan peringatan sumpah pemuda yang ke 60 yang bertujuan menetapkan bahasa indonesia sehungan dengan peranannya untuk memperlancar kecerdasan bangsa.

Sebagai jembatan tercapainya kesejaterahan yang adil yang adil dan merata. Tema yang di pilih untuk kongres ini adalah ” menjunjung bahasa indonesia sebagai bahasa persatuan dalam konteks pembangunan nasional”.

l  Kongres bahasa indonesia ke VI di adakan di jakarta tanggal 28 oktober – 2 november 1993 kongres ini mengusulkan agar pusat pembinaan dan pengembangan bahasa indonesia serta mengusulkan di susunnya UUD bahasa indonesia.

l  Kongres bahasa indonesia ke VII di selenggarakan di hotel indonesia jakarta pada tanggal 26-30 oktober 1998. kongres ini mengusulkan di bentuknya badan perkembangan bahasa yang memberikan nasihat kepada pusat pembinaan dan pengembangan bahasa serta menanyakan peningkatkan status kelembagaan pusat pembinaan dan pengembangan bahasa.

Beberapa peranan dalam perkembangan bahasa melayu menjadi bahasa indonesia :

l  Kerajaan sriwijaya menjadi kerajaan besar yang terletak di palembang dan juga sebagai kota pelabuhan memiliki peranan penting dalam penyebarluasan bahasa melayu keseluruh nusantara.

l  Kedatangan penyebaran agama islam dahulu di lakukan oleh pedagang hingga tersebar lah bahasa melayu sebagai alat komunikasi para pedagang.

l  Peranan kerajaan malaka yang terletak di arus perdagangan, maka perkembangan bahasa melayu semakin pesat.

l  Peranan pujangga baru  sebagai bahasa pengantar yang di gunakan dalam bidang kebudayaan dan ilmu pengetahuan.

l  Kedatangan bahasa belanda awalnya ingin mengembangkan bahasa mereka di indonesia, ternyata tidak di terima. Bahasa melayu lebih efektif di gunakan rakyat untuk berkomunikasi. Setelah adanya politik etis belanda, menyebabkan lahirnya pergerakan-pergerakan kebangsaan sehingga bahasa indonesia (yang mulanya bahasa melayu ) mulai di gunakan dalam sidang-sidang dewan rakyat.

l  Peranan balai pustaka yang merupakan badan perkembangan kesusastraan yang baru badan ini yang telah melahirkan pengarang-pengarang yang menulis karyanya dalam bahasa indonesia.

l  Masa kedudukan jepang yang ingin mengembangkan bahasanya sehingga di sekolah-sekolahnya di ajarkan bahasa jepang. Tetapi mengalami kegagalan dan akhirnya berpaling ke pada indonesia.

Dalam UUD 1945 di resmikanlah bahasa indonesia sebagai bahasa negara yang tercantum dalam bab XV pasal 36, yang berbunyi “ bahasa negara ialah bahasa Indonesia".

COMMENTS

BLOGGER

Nama

Artikel,66,Cerita singkat,82,Java,12,SEO,15,Tahukah sobat??,21,Tips dan Trik,15,Tips.....n' Trick.....,14,Tutorial,20,Tutorial Blogger,50,
ltr
item
Blog Salman Syuhada: [Bahasa Indonesia] Masa-masa penting dalam perkembangan Bahasa Melayu menjadi Bahasa Indonesia
[Bahasa Indonesia] Masa-masa penting dalam perkembangan Bahasa Melayu menjadi Bahasa Indonesia
https://2.bp.blogspot.com/-JYCD4kHozQg/T8nKCmgM2bI/AAAAAAAABXE/D790NN-nZgs/s1600/bahasa.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-JYCD4kHozQg/T8nKCmgM2bI/AAAAAAAABXE/D790NN-nZgs/s72-c/bahasa.jpg
Blog Salman Syuhada
http://blog.salmansyuhada.com/2012/06/masa-masa-penting-dalam-perkembangan.html
http://blog.salmansyuhada.com/
http://blog.salmansyuhada.com/
http://blog.salmansyuhada.com/2012/06/masa-masa-penting-dalam-perkembangan.html
true
5369818979434965955
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy