[Tutorial] Cara Paling Mudah Membuat Permalink Pada Blog

-[Tutorial] Cara Paling Mudah Membuat Permalink Pada Blog


Assalamualaikum...

Apa kabar Sobat Blogger...
Mudah-mudahan selalu dalam keadaan sehat, Ammiinn...

Alhamdulillah... pada kesempatan kali ini, ana bisa sedikit memberikan informasi mengenai Cara Paling Mudah Membuat Permalink Pada Blog. Sebelum memasangnya, alangkah baiknya sobat mengenal terlebih dahulu apa itu Permalink.  


Menurut Wikipedia, Permalink  atau permanen link, adalah URL yang menunjuk ke suatu blog atau forum tertentu masuk setelah berlalu dari halaman depan ke arsip. Karena Permalink tetap tidak berubah tanpa batas waktu, itu kurang rentan terhadap link membusuk. Weblogging paling modern dan konten-sistem perangkat lunak sindikasi mendukung link tersebut. Jenis website lain menggunakan istilah link permanen, tetapi istilah permalink yang paling umum dalam blogosphere. Permalink adalah kata portmanteau terbuat dari link permanen. Permalinks sering hanya dinyatakan sehingga dapat terbaca-manusia.


Contoh Permalink :





Tertarik untuk memasangnya?? Caranya mudah...
Ikuti langkah-langkah Cara Paling Mudah Membuat Permalink Pada Blog sebagai berikut :

1. Log in pada akun Blogger milik sobat, Langsung masuk ke dashbor.




2. Setelah itu masuk pada bagian Template, lalu pilih Edit HTML => Proced.
(Jangan lupa untuk mem-backup template dahulu, dan centang Expand Widget Template)

3. Kemudian Cari kode ]]></b:skin>

(Untuk memudahkan sobat, tekan tombol CTRL+F untuk mencari kode yang diinginkan)

4. Setelah menemukan kode  ]]></b:skin>, copykan kode berikut dan pastekan di atas  atau sebelum kode ]]></b:skin>



.permalinkblogspot {border: 1px solid #EFF0F1; padding: 5px; background: #ffffff;-moz-border-radius:5px;} .permalinkblogspot a {background:none;} img.float-right {margin: 5px 0px 0 10px;} img.float-left {margin: 5px 10px 0 0px;}

5. Setelah itu, cari kode <data:post.body/> dan Copykan kode berikut dan pastekan di bawah atau sesudah kode  <data:post.body/> .




<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><div class='permalinkblogspot'> <center><small>Sobat... Sedang Membaca Sebuah Artikel Segenggam Harapan... Tentang <strong><u><data:blog.pageName/></u></strong> Sobat Bisa Menemukan Artikel <data:blog.pageName/> Ini Melaui URL Berikut <strong><data:post.url/></strong>, Silahkan Copy Paste Artikel <strong><data:blog.pageName/></strong> Ini, Jika Menurut sobat Artikelnya Menarik dan Bermanfaat, Namun Jangan Lupa Untuk Mencantumkan <u><a expr:href='data:post.url'><data:blog.pageName/></a></u> sebagai sumbernya.</small></center></div></b:if>

Catatan :

-Sobat dapat mengganti pesan yang tertulis di sana sesuai keinginan sobat.
-pada langkah no. 5, sobat tidak harus meletakkan kode setelah  <data:post.body/> , tetapi juga dapat meletakkan pada kode lain. Dapat disesuaikan dengan template blog sobat.

6. Lihatlah Pratinjau terlebih dahulu. Jika terjadi kesalahan dapat menanyakan dengan berkomentar pada postingan blog ini. Setelah tidak ada lagi pesan error barulah sobat dapat menyimpan template dengan mengklik Save Template.


Lihat hasilnya...

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, :)

Nah, Demikian tutorial blog tentang Cara Paling Mudah Membuat Permalink Pada Blog.

Jika artikel ini sudah tidak layak publikasi mohon beritahu kami,
Semoga sukses... :D

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berkomentar lah dengan yang sopan yang tidak mengandung unsur SARA, PORNOGRAFI, Dan TIDAK diperkenankan untuk PROMOSI selain Persetujuan dari ADMIN. Jika di lakukan, Maaf komentar akan DI HAPUS.

Untuk menggunakan Emoticon Komentar, Klik Emoticon yang akan di pasang. Akan muncul kode emoticonnya. Masukkan itu pada saat berkomentar. Terima Kasih
EmoticonEmoticon