[Kisah motivasi] Ilmu PEDANG kehidupan


-[Kisah motivasi] Ilmu PEDANG kehidupan

 

Di dalam salah satu bagian ilmu pedang kuno tersohor para samurai ada yang dinamakan " KAMAE " yaitu keadaan siap siaga. Ada "TAMESHIGIRI ", ilmu serangan pedang yang efektif secepat kilat. Dan “NOHTO” yaitu sebuah gerakan lembut untuk menyarungkan kembali pedangnya tanpa melihat setelah selesai bertempur dan tetap dalam keadaan waspada.

Pedang para samurai dinamakan “SHIN KEN” yang artinya " The Real Sword ". Kode Etik Samurai atau aturan perilaku mereka adalah : JIN yaitu selalu berbuat baik kepada sesama. GI yaitu senantiasa jujur. REI yaitu selalu sopan santun. CHUNG-GI yaitu loyal atau setia. Dan YU atau berani. Hingga saat ini kita masih bisa menyaksikan bagaimana orang-orang di sana selalu menunduk dan hormat, setia, dan kejujuran di Negeri Samurai itu. Secara umum maka ilmu para ksatria samurai terbagi dua, yaitu “WAZA” dan “DO”. 

 “WAZA” adalah ilmu pedang itu sendiri dan “DO”  adalah sikap dan perilaku serta jalan hidup. Sekarang hikmah apa yang bisa kita ambil ? Kebanyakan kita mempelajari hanya ilmu WAZA atau ilmu pedangnya saja, tapi tidak mempelajari ilmu jiwa atau perilakunya, tetapi “DO” nya dilupakan. 

Kita belajar ilmu hukum dari tingkat sarjana, sampai master bahkan hingga doktor, tapi kita tidak mempelajari bagaimana hati dan jiwa yang adil , akhirnya memperjual belikan hukum. 

Kita mempelajari ilmu kimia dan biologi, tapi tidak belajar mencintai manusia dan kehidupan milik Nya, maka akhirnya kita membuat obat-obat palsu, bahkan obat infus palsu. 

Kita belajar ilmu ekonomi dan bisnis yang efisien dan menguntungkan, tapi tidak mempelajari jiwanya, akhirnya mereka membuat ikan asin berformalin yang efisien, yaitu bahan baku untuk pengawet mayat. 

Setiap tahun kita meluluskan ratusan ribu sarjana dan ahli hukum, ahli kimia, ahli biologi yang hebat, ahli politik yang cerdas, tapi tidak dibekali dengan hati. Otak tanpa hati, WAZA tanpa DO. Ibarat mempelajari Agama tanpa Iman tanpa Ihsan.


Renungan : "Orang yang memiliki ilmu yang tinggi tanpa HATI, Ibarat seorang buta yang memegang pedang".

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments

Berkomentar lah dengan yang sopan yang tidak mengandung unsur SARA, PORNOGRAFI, Dan TIDAK diperkenankan untuk PROMOSI selain Persetujuan dari ADMIN. Jika di lakukan, Maaf komentar akan DI HAPUS.

Untuk menggunakan Emoticon Komentar, Klik Emoticon yang akan di pasang. Akan muncul kode emoticonnya. Masukkan itu pada saat berkomentar. Terima Kasih
EmoticonEmoticon