[Kisah motivasi] Ujian sebelum GOSSIP


-[Kisah motivasi] Ujian sebelum GOSSIP



Di jaman Yunani kuno, Socrates terkenal memiliki pengetahuan yang luar biasa.
Suatu hari seorang kenalan bertemu dengan filsuf besar itu dan berkata, "Apakah Anda tahu apa yang aku dengar tentang teman Anda?"

"Tunggu sebentar," jawab Socrates. "Sebelum mengatakan apapun saya ingin Anda lulus tes kecil, yang disebut Tiga Tes Saringan. "

"Tes Saringan?"

"Benar," lanjut Socrates. "Sebelum Anda berbicara kepada saya tentang teman saya, ada baiknya untuk sejenak mengambil dan menyaring apa yang akan Anda katakan. Itu sebabnya saya menyebutnya Tiga Tes Saringan. Saringan pertama adalah KEBENARAN. Apakah Anda sudah benar-benar yakin bahwa apa yang akan Anda katakan itu benar? "

"Tidak," kata pria itu, "Sebenarnya saya hanya mendengar tentang hal itu dan ..."

"Baiklah," kata Socrates. "Jadi Anda tidak benar-benar tahu apakah itu benar atau tidak. Sekarang mari kita coba saringan kedua, filter KEBAIKAN. Apakah yang akan Anda ceritakan pada saya tentang teman saya itu sesuatu yang baik? "

"Tidak, malah sebaliknya ..."

"Jadi," Socrates melanjutkan, "Anda ingin mengatakan sesuatu padaku yang buruk tentang dia, tapi Anda tidak yakin itu benar. Anda mungkin masih bisa lulus ujian, karena ada satu saringan tersisa: saringan KEGUNAAN. Apakah apa yang ingin Anda katakan tentang teman saya akan berguna bagi saya? "

"Tidak, tidak benar-benar ..."

"Yah," Socrates menyimpulkan, "jika apa yang ingin Anda katakan bukan sesuatu yang benar, tidak juga sesuatu yang baik, bahkan tidak berguna, lalu mengapa Anda ingin menyampaikannya kepada saya?"



Renungan : "Cobalah dengan bijak untuk dapat menerima ataupun menyampaikan sesuatu kepada yang lain. Ingatlah, belum tentu apa yang disampaikannya sebuah kebenaran. Merugilah kita ketika kita memandang dengan "kacamata" orang lain."

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berkomentar lah dengan yang sopan yang tidak mengandung unsur SARA, PORNOGRAFI, Dan TIDAK diperkenankan untuk PROMOSI selain Persetujuan dari ADMIN. Jika di lakukan, Maaf komentar akan DI HAPUS.

Untuk menggunakan Emoticon Komentar, Klik Emoticon yang akan di pasang. Akan muncul kode emoticonnya. Masukkan itu pada saat berkomentar. Terima Kasih
EmoticonEmoticon