[Tutorial] Cara memberikan Scroll pada kotak komentar blog


[Tutorial] Cara memberikan Scroll pada kotak komentar blog | Salam sukses sobat blogger...
Semoga berada selalu di keadaan yang Luar Biasa karena dunia tidak akan memberi ampun kepada orang-orang yang hanya menganggap biasa-biasa saja untuk hidup. :D
Selamat membaca kepada para pengunjung Segenggam-harapan... Pada kesempatan kali ini, ana ingin memberikan atau ingin mengulas tutorial mengenai [Tutorial] Cara memberikan Scroll pada kotak komentar blog.
Nah... alangkah senangnya jika sehabis membaca sobat meninggalkan jejak dengan mengomentari postingan ini. Insya Allah, ana akan sesegera mungkin untuk mengunjungi blog sobat.

Tahukah sobat dengan Scroll


Menurut WIKIPEDIA, Scroll adalah gulungan papirus, perkamen, atau kertas yang telah ditulis, digambar atau dicat pada untuk tujuan transmisi informasi atau menggunakan sebagai hiasan.

Sebuah Scroll biasanya memiliki struktur yang dibagi menjadi halaman, yang kadang-kadang lembar terpisah dari papirus atau perkamen direkatkan pada tepi, atau mungkin ditandai divisi roll terus menulis materi. Scroll biasanya membuka gulungan sehingga satu halaman terkena pada satu waktu, untuk menulis atau membaca, dengan halaman yang tersisa digulung ke kiri dan kanan dari halaman yang terlihat. Hal ini membuka gulungan dari sisi ke sisi, dan teks yang ditulis dalam baris dari atas ke bawah halaman. Tergantung pada bahasa, huruf dapat ditulis dari kiri ke kanan, kanan ke kiri, atau dari atas ke bawah.

Namun pada blog, Scroll berfungsi untuk mempersingkat atau memperkecil ruang yang digunakan oleh suatu elemen halaman sehingga memberikan kesan rapi dan teratur. Semua elemen halaman dapat diberikan Scroll sehingga mempermudah pembaca atau pengunjung untuk melihat elemen halaman yang di tampilkan oleh admin.

Nah... untuk itu, bagi para blogger yang mempunyai pengunjung yang ramai dan sering berkomentar, alangkah baiknya mengikuti tutorial ini untuk mempermudah pembaca dalam membaca ataupun memberikan komentar pada blog sobat.

 Langkah-langkah [Tutorial] Cara memberikan Scroll pada kotak komentar blog :

1. Seperti biasa nya, sobat harus login terlebih dahulu pada akun Blogger sobat.



2.  Setelah itu masuk pada blog sobat, pilihlah menu TEMPLATE => EDIT HML => LANJUTKAN


Jangan lupa untuk mencentang Expand Widget

3. Kemudian cari kode  #comments-block{ 
(Untuk mempermudah pencarian, gunakan CTRL+F pada keyboard) 

4.  Setelah ketemu, ganti kan kode  #comments-block{  dengan kode CSS dibawah ini.

 #comments-block{max-height:300px;border:1px solid #eee;overflow:auto;}


5. Langkah terakhir, Lihatlah PRATINJAU terlebih dahulu untuk melihat apakah terdapat kesalahan ataupun tidak. Jika sudah tidak ada Lagi pesan error, barulah sobat SAVE dan lihat hasilnya. 


Jika cara diatas tidak berhasil. Ini dikarenakan template untuk setiap blog berbeda-beda sehingga memerlukan kode yang berbeda pula. Cobalah cara yang lain dibawah ini. 


1. Sama seperti langkah diatas, Lakukan langkah 1 sampai 3, namun pada langkah ini sobat harus mencari kode #comments h4 (Gunakan CTRL+F untuk memudahkan pencarian).

2. Setelah menemukan kode #comments h4, Letakkan kode dibawah ini tepat DI ATAS kode #comments h4.

#comments {
height:200px;
overflow:auto;
}
Keterangan  : max-height:300px digunakan untuk Tinggi maksimal kotak komentar.
                      : border:1px solid #eee merupakan Ketebalan garis border solid,dan warna border.
                      : overflow:auto  Jika sudah melebihi batas 300px, maka scroll akan muncul.



Jika kedua cara diatas belum BERHASIL. Cobalah Cara lainnya untuk  [Tutorial] Cara memberikan Scroll pada kotak komentar blog adalah



1. Sama seperti langkah diatas, Lakukan langkah 1 sampai 3, namun pada langkah ini sobat harus mencari kode <div class='comments' id='comments'> (Gunakan CTRL+F untuk memudahkan pencarian).

 2. Setelah menemukan kode <div class='comments' id='comments'> , GANTIKAN kode <div class='comments' id='comments'> dengan kode yang dibawah ini.
Mungkin dalam pencarian menemukan 2 kode yang sama dalam template sobat, Nah... menurut hasil percobaan, ganti ke-2 kode tersebut dengan kode berikut :
 <div class='comments' id='comments' style='max-height:300px;overflow:auto;'>



Nah... itu tadi 3 cara untuk [Tutorial] Cara memberikan Scroll pada kotak komentar blog.
Selamat mencoba dan semoga berhasil...
Thanks to : Plankton blog (Plankton.blogspot.com)
Jika postingan ini tidak BERHASIL ataupun tidak layak publikasi, sobat bisa langsung menanyakan ataupun memberitahu kepada kami dengan mengomentari postingan ini.
Terima kasih...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments

Berkomentar lah dengan yang sopan yang tidak mengandung unsur SARA, PORNOGRAFI, Dan TIDAK diperkenankan untuk PROMOSI selain Persetujuan dari ADMIN. Jika di lakukan, Maaf komentar akan DI HAPUS.

Untuk menggunakan Emoticon Komentar, Klik Emoticon yang akan di pasang. Akan muncul kode emoticonnya. Masukkan itu pada saat berkomentar. Terima Kasih
EmoticonEmoticon