[Aksi untuk Indonesiaku] Belajar dan mengajar arti kehidupan


[Aksi untuk Indonesiaku] Belajar dan mengajar arti kehidupan |


"Jangan tanyakan apa yang tidak engkau dapatkan, tetapi tanyakanlah apa yang sudah engkau berikan"

Deretan kalimat diatas merupakan suatu tanda tanya bagi kita semua. Seringkali kita lebih sering menuntut atas apa yang tidak pernah kita berikan sama sekali. Selalu menginginkan yang lebih. Mungkin sebagian berpendapat bahwa ini adalah hal yang wajar karena sifat manusia yang tidak pernah puas dan selalu menginginkan yang lebih baik dari orang lain. Namun disisi lain, ada suatu kejanggalan.

Begitu juga ketika pertanyaan itu dihadapkan kepada saya. Sungguh bingung, Lebih rumit dari pelajaran kalkulus ataupun lebih ribet dibandingkan dengan buat koding pemrograman. Jika dibandingkan dengan menjawab pertanyaan "Apa yang telah dilakukan untuk negara ini?"



Perkenalkan, Saya Salman Alparisi. Sebagai seorang mahasiswa, saya belum memberikan yang lebih terhadap Indonesia ini. Tetapi saya memulai dari daerah tempat tinggal dan sekitar lingkungan. Dari kegemaran menjadi sebuah candu bagi saya untuk mengajar. Yupts... mengajarkan apa yang saya dapatkan dari bangku SD sampai bangku perkuliahan. Mungkin bagi beberapa orang itu adalah hal yang biasa. Tetapi tahukah bahwa masih banyak yang sangat haus akan ilmu pengetahuan dan sangat membutuhkan hal itu. 

Mereka ingin belajar namun entah dengan siapa? dengan apa? dan bagaimana?. Mereka ingin bersekolah namun dengan biaya sekolah yang cukup tinggi mengurungkan niat mereka. Mereka juga ingin pintar namun pekerjaan menyita waktu mereka untuk belajar.

Dari hal itulah yang mendorong saya untuk mengajar. Di waktu mereka yang senggang,  kami bercerita dan tanya jawab seputar pengetahuan yang menjadi tanda tanya bagi mereka. Begitulah cara belajar dan mengajar kami. Tidak menggunakan buku yang tebal dan berkompetesi standar nasional dan tidak juga dengan meja atau kursi di sekolah pada umumnya. Namun dimana saja ada tempat untuk berteduh dan duduk bersama, disitulah kami memulai pelajaran. Sungguh mereka mempunyai keinginan yang lebih untuk benar-benar menimba ilmu dari saya. Hal ini dibuktikan dengan berbagai pertanyaan yang terus muncul dan berdatangan yang mereka tanyakan kepada saya.

Selain mendapatkan sahabat-sahabat baru, saya juga mendapatkan timbal-balik yang setimpal. Setimpal disini dimaksudkan dengan adakala nya kami belajar dan ada kalanya kami diajar. Dan mungkin itu lebih dari apa yang saya ajarkan kepada mereka. Yaitu belajar memaknai kehidupan.

Dari apa yang saya dapatkan itu. Saya mencoba berbagi pengetahuan dan ilmu yang didapat dalam dunia maya ini. Sehingga memperluas cangkupan saya dalam hal belajar dan mengajar.

Berlandaskan  dari belajar memaknai kehidupan itulah menjadi salah satu alasan saya memberi nama blog ini Segenggam-harapan. Banyak yang menertawakannya namun tidak ada salahnya untuk menyuarakan "Segenggam-harapan" ini. Setiap orang hidup selalu menggantungkan harapan atau keinginannya. Tidak tahu apa yang akan ia dapatkan dan apa yang akan terjadi esok hari. Hanya berharap itu lebih baik. Misalnya seorang pedagang, Mereka tidak tahu siapa yang akan membeli dagangannya, yang mereka harapkan dagangannya dapat terjual dan laku. Begitu juga seorang pelajar atau mahasiswa, mereka tidak tahu apa yang dapat mereka pelajari esok hari oleh apa dan dengan siapa. Yang mereka inginkan sebuah ilmu yang berguna bagi mereka. Namun itu tidak berlaku bagi mereka yang berputus asa dan menyerah, mereka sudah tidak memiliki harapan dan akan pasrah terhadap keadaan.

Untuk lebih memperluasnya, saya biasa kan untuk mempostingkannya di sebuah situs yaitu Lintas.me yang beralamatkan di http://www.lintas.me . Disini saya dapat belajar berbagai ilmu pengetahuan yang lebih sehingga dapat berbagi pengetahuan kepada mereka yang mengharapkan ilmunya.

Mungkin hanya itu segelintir usaha saya sebagai suatu aksi untuk Indonesiaku. Tidak banyak dan tidak berjanji yang macam-macam seperti para pejabat yang berkampanye. Namun menjadi suatu ikrar atau keharusan bagi saya untuk berbagi. Semoga dengan ini, dapat juga memberikan semangat untuk kita bersama dalam mewujudkan generasi harapan bangsa.

Dan inilah saya perkenalkan sahabat-sahabat saya yang luar biasa :



Senyum mereka adalah semangat saya untuk bergerak. Inilah aksiku untuk Indonesiaku.
apa aksimu? Buktikan bersama kita dapat membangun Indonesia yang lebih baik.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

15 comments

Write comments
8 November 2012 09.34 delete

Saya pendiri www.belajargratis.org situs pendidikan gratis yg merangkul 4 universitas AS: Yale, MIT, UCLI, Notre Dame, & Khan Academy. siapa tahu bisa membantu misi anda. wassalam. Didi Prambadi
ddprambadi@gmail.com
www.belajargratis.org

Reply
avatar
8 November 2012 09.35 delete

Saya pendiri www.belajargratis.org situs pendidikan gratis yg merangkul 4 universitas AS: Yale, MIT, UCLI, Notre Dame, & Khan Academy. siapa tahu bisa membantu misi anda. wassalam. Didi Prambadi
ddprambadi@gmail.com
www.belajargratis.org

Reply
avatar
9 November 2012 01.32 delete

aksinya bener bener kental banget sama sosial, salut sama aksi lo bang. :)

Reply
avatar
9 November 2012 02.21 delete

@BelajarGratis Wah... luar biasa situsnya mas,. gmna cra saya untuk bergabung??

Reply
avatar
9 November 2012 04.03 delete

setuju bang,
masih banyak orang yang haus akan ilmua yang mencari-cari ilmu tapi semua itu terhenti cuma gara-gara mahalnya bayarannya tersebut. Emang kalo buat yang punya uang sih biasa-biasa aja tapi buat yang ga berkecukupan. Kasian.

salut buat aksinya bang, teruskan...

Reply
avatar
9 November 2012 04.23 delete

@Bayu Putra Abuna setuju sama mas Bayu, miris rasanya ketika ada anak yang seharusnya duduk di bangku sekolah malah duduk di tepi jalan mencari sesuap nasi. Terima kasih atas dukungannya... :)

Reply
avatar
9 November 2012 05.35 delete

Semangat mas, memang mencoba berbuat itu lebih sulit daripada meminta hak.

satu langkah kecil memang mudah goyah, tapi jika langkah kecil itu sudah dilakukan banyak orang (dan sampeyan salah satunya), akan ada kekuatan indonesia belajar mengajar yang bisa benar2 belajar-mengajar

Reply
avatar
9 November 2012 06.04 delete

ini tugas kita bang sebenarnya
sesuai dengan UUD 45, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa

Reply
avatar
9 November 2012 06.42 delete

bang gue bingung komennya tulisannya putih -___-

Reply
avatar
9 November 2012 07.25 delete

aksi lu keren bang, sangat berbaur dengan masyarakat .
gua dukung lu 100%

Reply
avatar
9 November 2012 13.03 delete

Dimulai dari aksi yang kecil itu indah bang daripada dimulai dari aksi yang besar-besaran tapi kita ga mampu melakukannya :)

Reply
avatar
9 November 2012 19.55 delete

wow keren!!
kadang prihatin juga sama yang udah nasibnya bagus tp tidak memanfaatkan dengan baik :') percuma sih buang2 duit. mending duitnya disumbangin jadi pahala deh wkwkwkwkk

Reply
avatar
10 November 2012 23.48 delete

lanjutkan,,,semoga bermanfaat n berguna bagi nusa dan bangsa,,jiah

Reply
avatar
1 Desember 2012 20.17 delete

Terima kasih untuk semuanya, Mohon dukungan untuk lebih baik lagi. :)

Reply
avatar

Berkomentar lah dengan yang sopan yang tidak mengandung unsur SARA, PORNOGRAFI, Dan TIDAK diperkenankan untuk PROMOSI selain Persetujuan dari ADMIN. Jika di lakukan, Maaf komentar akan DI HAPUS.

Untuk menggunakan Emoticon Komentar, Klik Emoticon yang akan di pasang. Akan muncul kode emoticonnya. Masukkan itu pada saat berkomentar. Terima Kasih
EmoticonEmoticon