[Aksi untuk Indonesiaku] Belajar dan mengajar arti kehidupan

[Aksi untuk Indonesiaku] Belajar dan mengajar arti kehidupan  | "Jangan tanyakan apa yang tidak engkau dapatkan, tetapi tanyak...


[Aksi untuk Indonesiaku] Belajar dan mengajar arti kehidupan |


"Jangan tanyakan apa yang tidak engkau dapatkan, tetapi tanyakanlah apa yang sudah engkau berikan"

Deretan kalimat diatas merupakan suatu tanda tanya bagi kita semua. Seringkali kita lebih sering menuntut atas apa yang tidak pernah kita berikan sama sekali. Selalu menginginkan yang lebih. Mungkin sebagian berpendapat bahwa ini adalah hal yang wajar karena sifat manusia yang tidak pernah puas dan selalu menginginkan yang lebih baik dari orang lain. Namun disisi lain, ada suatu kejanggalan.

Begitu juga ketika pertanyaan itu dihadapkan kepada saya. Sungguh bingung, Lebih rumit dari pelajaran kalkulus ataupun lebih ribet dibandingkan dengan buat koding pemrograman. Jika dibandingkan dengan menjawab pertanyaan "Apa yang telah dilakukan untuk negara ini?"



Perkenalkan, Saya Salman Alparisi. Sebagai seorang mahasiswa, saya belum memberikan yang lebih terhadap Indonesia ini. Tetapi saya memulai dari daerah tempat tinggal dan sekitar lingkungan. Dari kegemaran menjadi sebuah candu bagi saya untuk mengajar. Yupts... mengajarkan apa yang saya dapatkan dari bangku SD sampai bangku perkuliahan. Mungkin bagi beberapa orang itu adalah hal yang biasa. Tetapi tahukah bahwa masih banyak yang sangat haus akan ilmu pengetahuan dan sangat membutuhkan hal itu. 

Mereka ingin belajar namun entah dengan siapa? dengan apa? dan bagaimana?. Mereka ingin bersekolah namun dengan biaya sekolah yang cukup tinggi mengurungkan niat mereka. Mereka juga ingin pintar namun pekerjaan menyita waktu mereka untuk belajar.

Dari hal itulah yang mendorong saya untuk mengajar. Di waktu mereka yang senggang,  kami bercerita dan tanya jawab seputar pengetahuan yang menjadi tanda tanya bagi mereka. Begitulah cara belajar dan mengajar kami. Tidak menggunakan buku yang tebal dan berkompetesi standar nasional dan tidak juga dengan meja atau kursi di sekolah pada umumnya. Namun dimana saja ada tempat untuk berteduh dan duduk bersama, disitulah kami memulai pelajaran. Sungguh mereka mempunyai keinginan yang lebih untuk benar-benar menimba ilmu dari saya. Hal ini dibuktikan dengan berbagai pertanyaan yang terus muncul dan berdatangan yang mereka tanyakan kepada saya.

Selain mendapatkan sahabat-sahabat baru, saya juga mendapatkan timbal-balik yang setimpal. Setimpal disini dimaksudkan dengan adakala nya kami belajar dan ada kalanya kami diajar. Dan mungkin itu lebih dari apa yang saya ajarkan kepada mereka. Yaitu belajar memaknai kehidupan.

Dari apa yang saya dapatkan itu. Saya mencoba berbagi pengetahuan dan ilmu yang didapat dalam dunia maya ini. Sehingga memperluas cangkupan saya dalam hal belajar dan mengajar.

Berlandaskan  dari belajar memaknai kehidupan itulah menjadi salah satu alasan saya memberi nama blog ini Segenggam-harapan. Banyak yang menertawakannya namun tidak ada salahnya untuk menyuarakan "Segenggam-harapan" ini. Setiap orang hidup selalu menggantungkan harapan atau keinginannya. Tidak tahu apa yang akan ia dapatkan dan apa yang akan terjadi esok hari. Hanya berharap itu lebih baik. Misalnya seorang pedagang, Mereka tidak tahu siapa yang akan membeli dagangannya, yang mereka harapkan dagangannya dapat terjual dan laku. Begitu juga seorang pelajar atau mahasiswa, mereka tidak tahu apa yang dapat mereka pelajari esok hari oleh apa dan dengan siapa. Yang mereka inginkan sebuah ilmu yang berguna bagi mereka. Namun itu tidak berlaku bagi mereka yang berputus asa dan menyerah, mereka sudah tidak memiliki harapan dan akan pasrah terhadap keadaan.

Untuk lebih memperluasnya, saya biasa kan untuk mempostingkannya di sebuah situs yaitu Lintas.me yang beralamatkan di http://www.lintas.me . Disini saya dapat belajar berbagai ilmu pengetahuan yang lebih sehingga dapat berbagi pengetahuan kepada mereka yang mengharapkan ilmunya.

Mungkin hanya itu segelintir usaha saya sebagai suatu aksi untuk Indonesiaku. Tidak banyak dan tidak berjanji yang macam-macam seperti para pejabat yang berkampanye. Namun menjadi suatu ikrar atau keharusan bagi saya untuk berbagi. Semoga dengan ini, dapat juga memberikan semangat untuk kita bersama dalam mewujudkan generasi harapan bangsa.

Dan inilah saya perkenalkan sahabat-sahabat saya yang luar biasa :



Senyum mereka adalah semangat saya untuk bergerak. Inilah aksiku untuk Indonesiaku.
apa aksimu? Buktikan bersama kita dapat membangun Indonesia yang lebih baik.

COMMENTS

BLOGGER: 15
Loading...

Nama

Artikel,66,Cerita singkat,82,Java,12,SEO,15,Tahukah sobat??,21,Tips dan Trik,15,Tips.....n' Trick.....,14,Tutorial,20,Tutorial Blogger,50,
ltr
item
Blog Salman Syuhada: [Aksi untuk Indonesiaku] Belajar dan mengajar arti kehidupan
[Aksi untuk Indonesiaku] Belajar dan mengajar arti kehidupan
https://3.bp.blogspot.com/-dprEAt36rmg/UJplST9o6pI/AAAAAAAADPw/Poioesm8Ag0/s320/salman.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-dprEAt36rmg/UJplST9o6pI/AAAAAAAADPw/Poioesm8Ag0/s72-c/salman.jpg
Blog Salman Syuhada
http://blog.salmansyuhada.com/2012/11/aksi-untuk-indonesiaku-belajar-dan_8.html
http://blog.salmansyuhada.com/
http://blog.salmansyuhada.com/
http://blog.salmansyuhada.com/2012/11/aksi-untuk-indonesiaku-belajar-dan_8.html
true
5369818979434965955
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy