Belajar membuat program java sederhana

Belajar membuat program java sederhana | Salam sobat pembaca... Dalam postingan kali ini kita akan mencoba melanjutkan materi kita mengenai belajar pemrograman java. Ini merupakan tahap kedua setelah tahap download aplikasi java dan instalasi yaitu tahap pembuatan program java sederhana. Dan setelah ini adalah tahap penyimpanan file program java yang dibuat dan terakhir tahap peng-compil-an atau pengeksekusian program.



Sebagai awal dari pembelajaran pembuatan program Java, maka cobalah ketik listing code berikut atau menyalin langsung dengan meng-klik "Pilih Semua" :




Keterangan Program java " helloworld " :

public class helloworld {  ==> Merupakan awal dalam memulai program java. Dalam contoh ini nama class nya merupakan helloworld {

public static void main (String[] args) {  ==> Digunakan untuk pembuatan Method Main dengan memulai penulisan method selalu menggunakan void yang menyatakan method utama.
 
System.out.print(" Hello, World ");  ==> Digunakan untuk menulis fungsi untuk mencetak apa yang terdapat diantara dua tanda petik " "

 }  ==> Akhir dari method main.

 }  ==> Akhir dari class helloworld.
       

Kemudian simpan listing program tersebut dengan extensi *.java. Untuk setiap listing code Java harus disimpan dengan menggunakan nama yang sesuai dengan nama class –nya baik cara bacanya, ejaannya, maupun jenis hurufnya (huruf kapital atau tidak). Jadi pada listing code di atas, nama class yang digunakan adalah class helloworld, maka listing code tersebut harus memiliki nama file (file name) helloworld.java.  Bagi yang tidak tahu cara dalam penyimpanan file program java dapat dilihat di sini.

Setelah listing program di simpan, selanjutnya adalah melakukan kompilasi program. Program Java dengan file name helloworld.java akan di kompile dengan tujuan untuk mengubah file Java tersebut ke dalam bentuk code byte dan akan menghasilkan satu file baru berextensi *.class tepat di dalam folder “Belajar Java”, yaitu helloWorld.class. File ini lah yang akan dikenal oleh platform java dan menghasilkan output yang sesuai dengan instruksi yang kita tuliskan dalam listing program di atas. Bagi yang tidak tahu cara pengekseskusian atau peng-compile-an file program java dapat di lihat di sini.

Nah.. itu tadi merupakan cara Belajar membuat program java sederhana. Cobalah meng-eksplorasikan program java ini dengan mencoba program-program java lainnya.
   


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
6 Februari 2013 02.11 delete

Gan ane yang kompilasinya kurang paham,tolong perjelaskan

Reply
avatar

Berkomentar lah dengan yang sopan yang tidak mengandung unsur SARA, PORNOGRAFI, Dan TIDAK diperkenankan untuk PROMOSI selain Persetujuan dari ADMIN. Jika di lakukan, Maaf komentar akan DI HAPUS.

Untuk menggunakan Emoticon Komentar, Klik Emoticon yang akan di pasang. Akan muncul kode emoticonnya. Masukkan itu pada saat berkomentar. Terima Kasih
EmoticonEmoticon