Cara Instalasi Bahasa Pemrograman Java dengan mudah

Cara Instalasi Bahasa Pemrograman Java dengan mudah | Salam sobat, apa kabar? Kenal dengan java gak? Sedikit tentang Java adalah suatu bahasa pemrograman yang bersifat Open Source yang sekarang lagi digandrungi dalam membuat aplikasi.

Nah untuk itu, mari kita mempelajari Pemrogramannya, dan ini menjadi suatu bahasa pemrograman yang wajib dalam Teknik Informatika. Kita mulai dari dasar dahulu ya...
Berikut Cara Instalasi Bahasa Pemrograman Java dengan mudah


TUJUAN
1. Mengetahui aplikasi-aplikasi penting untuk pengolahan Java
2. Memahami cara mengkonfigurasi path Java


DEFINISI

Untuk melakukan pemrograman java, dibutuhkan beberapa aplikasi atau sorftware yang harus ada/instalasi sebelum program Java dibentuk dan dieksekusi. Adapun beberapa aplikasi yang dibutuhkan adalah:

1. Java Development Kit (JDK), versi 1.7 atau terbaru
Download : www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html

2. Teks Editor Notapad+ +, versi 6.1.6 atau terbaru
Download : www.notepad-plus-plus.org

3. NetBeans IDE versi 7.2 atau terbaru
Download : www.netbeans.org


JDK merupakan aplikasi yang berfungsi sebagai platform Java. Artinya, setiap aplikasi yang dibangun dengan Java harus memiliki aplikasi JDK ini di dalam sistem operasinya. Text Editor yang digunakan untuk matakuliah praktikum daspro ini menggunakan Text Editor notepad. Notepad ini berfungsi sebagai aplikasi untuk melakukan proses pembangunan program Java. NetBeans IDE pada prinsipnya merupakan aplikasi yang memiliki fungsi yang sama seperti Text Editor. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk membangun aplikasi berbasis visual sehingga akan memudahkan pembangun program. Namun, dalam modul ini aplikasi yang akan digunakan hanya dua, yaitu Java Development Kit dan Notepad.

PELAKSANAAN PRAKTIKUM

1. Instalasi JDK

Berikut ini merupakan cara-cara instalasi Java Development Kit (JDK). Gambar 1 merupakan Icon JDK:


Jalankan aplikasi JDK tersebut dengan cara double click Icon aplikasi Jdk tersebut. Kemudian klik button next setelah muncul jendela seperti pada gambar 2, dan seterusnya ikuti instruksi instalasi aplikasi tersebut.



2. Konfigurasi Path Java

Setelah instalasi JDK selesai dilakukan, selanjutnya adalah melakukan konfigurasi path Java. Hampir semua operating system baik windows maupun linux perlu melakukan proses konfigurasi path JDK. Konfigurasi ini bertujuan untuk memanggil aplikasi utama Java, yaitu Javac.exe yang bertugas untuk mengompilasi semua program yang telah dibuat oleh seorang programmer. Javac lah yang memiliki peranan penting dalam proses kompilasi bahasa pemrograman ke dalam bytecode sehingga komputer dapat mengeksekusi program yang dibuat. Adapun caranya adalah:

1. Lakukan klik start > klik kanan My Computer atau Computer (bagi win 7) > klik properties.

2. Maka akan muncul jendela windows properties. Selanjutnya lakukan klik pada link Advanced System Setting.



3. Maka akan muncul jendela system properties. Selanjutnya pastikan kita telah berada dalam Tab Advanced dan klik lah button Environment Variables (lihat gambar berikut)



4. Maka akan muncul jendela Environment Variables. Dan lakukan cara-cara berikut untuk menyelesaikan konfigurasi ini:


a. Berdasarkan gambar di atas dapat dilihat bahwa ada dua field area yang tersedia dalam jendela environment variables tersebut, yaitu area User Variable for dan area System Variables. Pada dasarnya pengaturan path dapat kita tambahkan di kedua area ini, namun pilihlah salah satu saja. Dalam hal ini kita pilih area System Variables. Prosesnya dapat kita mulai dengan klik button New…

b. Maka akan muncul jendela New System Variable. Pada Name Variable ketikkan path. Kemudian pada Variable Value ketikkan alamat dimana file Javac.exe berada. Biasanya ada di: C:\Program Files\Java\jdk1.7.0\bin. Maka masukkanlah alamat itu ke dalam variable value field seperti gambar berikut:


c. Untuk selanjutnya klik button OK sebanyak 3 kali, sampai semua jendela dari windows properties tertutup.

d. Lakukan pengecekkan kebenaran path pada bagian “Melihat Hasil Konfigurasi”

5. Lakukan cara-cara berikut untuk melihat hasil konfigurasi

a. Bukalah jendela Command Prompt kita dengan cara: klik Start > Ketikkan CMD pada kotak search program pada Taskbar > Enter. Atau juga bisa dilakukan dengan menekan button keyboard: button Windows + R > kemudian Ketikkan CMD > klik OK

b. Maka akan muncul jendela Command Prompt. Selanjutnya lakukan pengecekkan path dengan cara mengetikkan javac –version di dalam cmd tersebut. Hal ini dapat dilihat pada gambar berikut :





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
16 Juni 2013 17.30 delete

boss ..
kalo merubah program nes hp ke program ho java bisa g...

tha'sk ....

Reply
avatar

Berkomentar lah dengan yang sopan yang tidak mengandung unsur SARA, PORNOGRAFI, Dan TIDAK diperkenankan untuk PROMOSI selain Persetujuan dari ADMIN. Jika di lakukan, Maaf komentar akan DI HAPUS.

Untuk menggunakan Emoticon Komentar, Klik Emoticon yang akan di pasang. Akan muncul kode emoticonnya. Masukkan itu pada saat berkomentar. Terima Kasih
EmoticonEmoticon