Cara mengeksekusi atau compile program java

Cara mengeksekusi atau compile program java | Salam sobat pembaca... Apa kabarnya? Masih mau belajar bahasa pemrograman java? Mari kita ...


Cara mengeksekusi atau compile program java | Salam sobat pembaca... Apa kabarnya? Masih mau belajar bahasa pemrograman java? Mari kita lanjutkan perjalanan pembelajaran program java kali ini.

Untuk tahap ini bisa di bilang tahap keempat dari langkah-langkah yang telah dibuat. Tahap sebelumnya adalah Download program java dan instalasinya, Membuat program java dalam notepad atau sejenisnya, Melakukan penyimpanan file program java, dan langkah terakhir adalah Cara mengeksekusi atau compile program java.



Dalam cara pengeksekusian kali ini, kita mengambil contoh program yang telah dibuat pada postingan sebelumnya di Membuat program java dalam notepad atau sejenisnya. File program tersebut telah tersimpan dalam format *.java. Lihat cara penyimpanannya di Melakukan penyimpanan file program java.




Program Java dengan file name helloworld.java akan di kompile dengan tujuan untuk mengubah file Java tersebut ke dalam bentuk code byte dan akan menghasilkan satu file baru berextensi *.class tepat di dalam folder “Belajar Daspro”, yaitu helloWorld.class. File ini lah yang akan dikenal oleh platform java dan menghasilkan output yang sesuai dengan instruksi yang kita tuliskan dalam listing program di atas.


A. Buka jendela Command Prompt (cmd).

Ada berbagai cara dalam membuka jendela command Prompt. Salah satunya ada dengan meng-klik START dan masukkan cmd dalam kotak pencarian seperti contoh gambar dibawah lalu tekan ENTER. Maka sobat akan langsung masuk ke dalam Command Prompt.


B. Kemudian lakukan perintah berikut ini pada jendela cmd  :



(1)- Ketikkan javac -version dalam jendela Command Prompt ini digunakan untuk menguji apakah telah terinstal java pada komputer yang digunakan. Jika belum coba Download program java dan cara instalasinya . Jika sudah, abaikan yang ini, dan lakukan tahap berikutnya.

(2)-Sebelumnya kita harus mengetahui dimana file program tadi disimpan. Misalnya kita menyimpannya di D: maka tinggal ketikan saja D: dan tekan ENTER. mNamun pada contoh kali ini, saya menyimpannya di DESKTOP dan didalam folder " Belajar Java " sehingga ketikan CD (spasi) DESKTOP.

(3)-Ketikkan CD (spasi) Nama_Folder. Perintah cd bertujuan untuk masuk ke dalam folder. Maka untuk masuk ke folder “Belajar Java” caranya: CD  Belajar Java lalu tekan ENTER. Atau bisa langsung dengan: CD desktop\Belajar Java lalu tekan ENTER. Dengan demikian kita sudah berhasil masuk ke dalam folder “Belajar Java” di Desktop. Untuk melihat isi folder Belajar Java, maka perintahnya adalah : DIR lalu tekan ENTER.

(4)- Kemudian lakukanlah proses kompilasi pada file java yang ada dengan perintah: JAVAC (spasi) Namafile.java. Sehingga pada tahap ini perintahnya adalah: JAVAC helloworld.java lalu tekan ENTER. Jika berhasil, maka akan muncul file helloworld.class di dalam folder Belajar Java (cek dengan perintah dir atau buka folder Belajar Java secara langsung).


- Kemudian eksekusi program dengan perintah: JAVA (spasi) namafile (tekan enter), sehingga : JAVA helloworld lalu tekan ENTER. Jika berhasil, maka hasilnya akan sama seperti gambar  berikut : 





 Itu tadi merupakan contoh program sederhana. Nah... untuk membuktikan bahwa bahasa pemrograman Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat case sensitive, artinya bahasa java memiliki sensitifitas terhadap huruf-huruf atau tanda yang diberikan pada sebuah listing program. Coba hapus tanda " ; " pada baris program yang ditunjukkan gambar berikut. Apakah yang terjadi?


Setelah di ubah, tekan saja CTRL + S untuk menyimpan perubahan. Dan coba compile ulang dengan mengetikan JAVAC helloworld.java lalu tekan ENTER. dan JAVA helloworld lalu tekan ENTER. maka hasil compile akan menunjukkan error pada program yang dibuat. Begitu sensitifnya kan... jadi harus berhati-hati dalam membuat coding java. 




  Nah... itu dia sebuah Cara mengeksekusi atau compile program java. Setelah mampu meng-compile coba eksplore kemampuan koding java nya dengan program-program bentuk lainnya. Semoga bermanfaat... :)



COMMENTS

BLOGGER

Nama

Artikel,66,Cerita singkat,82,Java,12,SEO,15,Tahukah sobat??,21,Tips dan Trik,15,Tips.....n' Trick.....,14,Tutorial,20,Tutorial Blogger,50,
ltr
item
Blog Salman Syuhada: Cara mengeksekusi atau compile program java
Cara mengeksekusi atau compile program java
https://2.bp.blogspot.com/-fT5F4cyO-gU/UJ0BbWWqhPI/AAAAAAAADkI/ZAAXFfUinO0/s320/Java.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-fT5F4cyO-gU/UJ0BbWWqhPI/AAAAAAAADkI/ZAAXFfUinO0/s72-c/Java.jpg
Blog Salman Syuhada
http://blog.salmansyuhada.com/2012/11/cara-mengeksekusi-atau-compile-program_9.html
http://blog.salmansyuhada.com/
http://blog.salmansyuhada.com/
http://blog.salmansyuhada.com/2012/11/cara-mengeksekusi-atau-compile-program_9.html
true
5369818979434965955
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy