Cara menyimpan file program java

Cara menyimpan file program java | Salam sobat pembaca sekalian. Nah... kali ini kita akan belajar bahasa Pemrograman java. Untuk langkah kali ini merupakan tahap selanjutnya setelah program java dibuat dalam notepad atau sejenisnya. Jika belum mempunyai program java dan belum menginstalnya, dapat di download dan lakukan penginstalannya di Cara Instalasi Bahasa Pemrograman Java.

Untuk langkah kali ini kita akan mencoba melakukan Cara menyimpan file program java. Caranya seh hampir sama dengan cara penyimpanan pada umumnya. Tetapi ada hal yang harus kita ingat bahwa Program java merupakan program yang case sensitif sehingga harus berhati-hati dalam penyimpanan bila tidak mau dianggap error dalam peng-compile-an atau pengeksekusian program nantinya.

Nah... untuk itu, mari ikuti langkah-langkah Cara menyimpan file program java   agar tidak salah nantinya. Perhatikan dengan seksama ya...

 Pastikan bahwa program java telah siap untuk di simpan dan perhatikan nama class program yang dibuat. Dalam contoh ini dapat dilihat kata-kata setelah kata public class yaitu helloworld. Klik File dan pilih Save As...



Inilah bedanya penyimpanan yang dilakukan dalam bahasa pemrograman java dengan penyimpanan yang biasa dilakukan.     

Dalam penyimpanan java, harus sama antara judul class dengan nama yang akan kita simpan. Jika tidak, akan dianggap error nantinya dalam peng-compile-an atau pengeksekusian program java.



Maka File Name harus di isi dengan NamaClassprogram.java sehingga dari contoh yang tadi NamaClass nya merupakan helloworld. Karena itulah nama filenya menjadi helloworld.java

Satu hal lagi yang harus diingat pada saat penyimpanan file program java adalah pada Save as type di pilih All Files. Karena kita akan menggunakan type file yaitu java. Jangan sampai tidak diubah ya... jika tidak diubah maka file tersebut akan tersimpan dalam format .txt (text)

dan terakhir klik SAVE, berarti telah selesai dalam penyimpanan file program java dan bersiap untuk melakukan peng-compile-an atau pengekseskusian program java.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berkomentar lah dengan yang sopan yang tidak mengandung unsur SARA, PORNOGRAFI, Dan TIDAK diperkenankan untuk PROMOSI selain Persetujuan dari ADMIN. Jika di lakukan, Maaf komentar akan DI HAPUS.

Untuk menggunakan Emoticon Komentar, Klik Emoticon yang akan di pasang. Akan muncul kode emoticonnya. Masukkan itu pada saat berkomentar. Terima Kasih
EmoticonEmoticon