Cara mudah menampilkan rating bintang di pencarian google

Cara mudah menampilkan rating bintang di pencarian google | Setelah sebelumnya membahas mengenai cara menarik pengunjung dengan Recent Comment bergambar. Juga ada Recent Comment tanpa avatar yang membuat pengunjung tertarik untuk mengomentari dan melihat postingan sehingga meningkatkan pageview. Namun dapat pula kita memberikan informasi melalui jejaring sosial agar pengunjung dapat melihat update-an terbaru postingan blog sobat. Salah satunya melalui Widget Twitter. Silahkan dipasang widget yang menarik itu. Nah... sekarang juga ingin memberikan Trik atau Tips dalam SEO ataupun cara menarik pengunjung melalui SEARCH ENGINE. Bagaimana caranya? dan apakah itu? Untuk itulah postingan ini dibuat. Selamat membaca, :)

Selain cara SEO dalam blog dengan menggunakan Widget Other Post dan Widget Top Kategori. Juga perlu dipertimbangkan untuk menggunakan cara SEO melalui pencarian Google. Kenapa begitu? Beberapa tahun belakangan ini, Google menjadi "raksasa"nya Search Engine. Hampir setiap pencarian tugas atau sesuatu  apapun itu selalu menggunakan Google. Karena google juga didukung blog-blog hasil dari buatan google sendiri yaitu Blogger yang salah satunya sedang sobat gunakan saat ini. Berlandaskan dari itu, pentinglah memanfaatkan pencarian search engine. Salah satunya dengan menggunakan RATING BINTANG.

Dengan ini membuat para "Googling" mengklik blog sobat. Karena dengan itu akan dianggap sebagai blog yang profesional dalam menyajikan artikel atau postingan yang berkualitas. Sehingga dengan itu, akan meningkatkan pageview.

Coba perhatikan contoh dibawah ini, mana yang lebih menarik untuk di klik?


Nah... itu tadi salah satu contoh menggunakan Rating Bintang di pencarian Google, Tertarik untuk memasangnya. Mari kita coba mengulas kembali. Semoga bermanfaat.

1. Hal pertama sobat harus login ke akun blogger milik sobat. Setelah itu lakukan perpindahan dari profil blogger ke Google +, Caranya dengan klik disini

ATAU 

bagi yang sudah terhubung dengan akun Google +, pada saat di dashbor blog, sobat bisa langsung masuk ke akun Google+ milik sobat yaitu dengan cara memilih pada profil Google+ pada kanan atas layar sobat. Perhatikan contoh gambar agar lebih jelas :


2. Jika sobat sudah dalam profil Google+, 

pilih EDIT PROFIL ==> Lalu pilih Kontributor Halaman ==> Masukkan / Pilih Halaman Blogger sobat.
Terus simpan dengan mengklik PENGEDITAN SELESAI.

Perhatikan Contoh Gambar untuk lebih jelas :



3. Kembali ke akun blogger milik sobat.

Sebelum melakukan eksperimennya, Coba di backup dahulu templatenya. Jaga-jaga jika terjadi kesalahan dalam pengeditan. Jika tidak tahu untuk mem-backup template. Cobalah dengan cara ini. Tetapi Insya ALLAH akan sukses. Karena telah pernah dicoba.

4. Kemudian pilih menu TEMPLATE ==> EDIT TEMPLATE ==> LANJUTKAN.

Jangan lupa untuk mencentang Expand Template Widget.


5. Dalam Edit Template sobat, cari kode <head>.
(Untuk mempermudah pencarian gunakan tombol CTRL+F pada keyboard, masukkan kode yang dicari didalam kotaknya.)

6. Jika sudah ketemu, copykan kode berikut dan pastekan di BAWAH kode tadi.

<link href='https://plus.google.com/ID-GOOGLE+' rel='publisher'/>

KETERANGAN : Ganti kode berwarna merah dengan ID-GOOGLE+ sobat. Jika tidak tahu cara mendapatkan ID-Google+, Coba kembali pada PROFIL GOOGLE+ sobat, terus pada address bar browser akan ada deretan angka yang menjadi ID sobat. Perhatikan contoh gambar untuk lebih jelasnya :


7. Setelah itu, langkah selanjutnya adalah mencari kode <body> (Gunakan CTRL+F untuk mempermudah pencarian). Dan copy kode dibawah ini dan pastekan tepat SESUDAH kode <body>.

<div> <div itemscope='' itemtype='http://data-vocabulary.org/Review'>



Selanjutnya mencari kode </body> (Gunakan CTRL+F </body> untuk mempermudah pencarian). Dan letakkan kode berikut di ATAS atau SEBELUM kode </body>.

</div></div>

KETERANGAN : Kode diatas merupakan kode penutup dari kode yang telah dipasang pada sesudah kode <body> tadi.


8. Terus Simpan Template, Bukan berarti langkah atau caranya telah siap dilakukan ya. Tetapi untuk mempermudah dalam melakukan pengeditan selanjutnya dalam menu EDIT TEMPLATE tersebut.

9. Mari teruskan perjalanan. Masih dalam EDIT TEMPLATE, sekarang sobat CARI kode :

<h3 class='post-title entry-title' itemprop='name'> 

KETERANGAN : Untuk kode diatas setiap template berbeda-beda. Jadi jika tidak menemukan kode tersebut coba sobat cari " post-title entry-title " . Dengan mengabaikan tanda kutip (" ") Maka sobat akan melihat kode seperti ini :

<h3 class='post-title entry-title' itemprop='name'>
              <b:if cond='data:post.link'>
                <a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>
              <b:else/>
                <b:if cond='data:post.url'>
                  <b:if cond='data:blog.url != data:post.url'>
                    <a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>
                  <b:else/>
                    <data:post.title/>
                  </b:if>
                <b:else/>
                  <data:post.title/>
                </b:if>
              </b:if>
            </h3>
          </b:if>


10. Tugas selanjutnya sobat harus menyisipkan kode <span itemprop='itemreviewed'><span itemprop='description'> dan kode </span></span> pada kode yang sudah ditemukan tadi.

Maka hasil penyisipan pada kode yang ditemukan tadi akan terlihat seperti ini :


<span itemprop='itemreviewed'><span itemprop='description'>
            <h3 class='post-title entry-title' itemprop='name'>
              <b:if cond='data:post.link'>
                <a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>
              <b:else/>
                <b:if cond='data:post.url'>
                  <b:if cond='data:blog.url != data:post.url'>
                    <a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>
                  <b:else/>
                    <data:post.title/>
                  </b:if>
                <b:else/>
                  <data:post.title/>
                </b:if>
              </b:if>
            </h3>
</span></span>
          </b:if&gt;

11. Terus Simpan Template lagi, Bukan berarti langkah atau caranya telah siap dilakukan ya. Tetapi untuk mempermudah dalam melakukan pengeditan selanjutnya yang masih dalam menu EDIT TEMPLATE tersebut.

12.  Masih dalam EDIT TEMPLATE, step selanjutnya adalah memasang GOOGLE RICH SNIPPETS. Sobat carilah kode <data:post.body/> atau <p><data:post.body/></p> (Tergantung template, karena setiap template memiliki perbedaan dalam kode).

Setelah menemukannya, lalu LETAKKAN kode berikut dibawahnya :

Description: <span itemprop="description"><data:post.title></data:post.title></span>
Rating: <span itemprop="rating">3.5</span>
Reviewer: <span itemprop="reviewer"><data:post.author></data:post.author></span>
ItemReviewed: <span itemprop="itemreviewed"><data:post.title></data:post.title></span>

KETERANGAN : Jika sobat menemukan kode <data:post.body/> atau <p><data:post.body/></p> Lebih dari satu, maka sobat letakkan kode tersebut tepat dibawah SETIAP kode <data:post.body/> atau <p><data:post.body/></p> itu.


13. Langkah terakhir, cobalah untuk mengecek kode dengan memilih PRATINJAU. Jika sudah tidak ada kesalahan dalam kode atau sudah tidak ada pesan error yang muncul barulah mengklik SIMPAN TEMPLATE.


Nah.... itu tadi Cara mudah menampilkan bintang rating di pencarian google, memang sedikit ribet sih tetapi lihat hasil yang akan diperoleh nantinya. Mungkin itu tidak akan langsung bekerja atau langsung menampilkan Rating Bintang pada pencarian. Karena google perlu waktu untuk men-crawl (menelusuri) kembali pencarian pada postingan sobat. Butuh beberapa hari, bisa paling cepat atau bisa lebih lama dari 3 hari. Tergantung dari banyaknya pengunjung yang mencari tentang keyword postingan yang sobat buat. 

Tetapi untuk melihat PRATINJAU bahwa kode sudah berhasil dapat dilihat dengan melakukan pengujian langsung di RICH SNIPPETS TESTING TOOL. Setelah membuka linknya, lalu isikan dengan salah satu URL postingan milik sobat. Lalu klik PRATINJAU. Untuk lebih jelas, dapat dilihat pada contoh gambar.


Jika sudah seperti ini, tinggal menunggu saja hasilnya di pencarian sebenarnya di Google. Tetapi mungkin dalam pengujian milik sobat tidak akan menampilkan Gambar atau Poto Profil dari akun Google+ sobat. Karena Cara untuk menampilkan Poto Profil di Pencarian Google berbeda dengan cara ini. Itu akan dibahas pada postingan selanjutnya. Maka dari itu, ditunggu aja ya. Harap bersabar... :)


Ada baiknya sambil menunggu postingan tentang Cara untuk menampilkan Poto Profil di Pencarian Google terbit, bagi sobat yang belum melakukan verifikasi blognya di Google Webmaster Tools dapat melihat caranya di Daftar, Verifikasi, dan Submit Sitemap pada Google Webmaster Tools. Dan bukti telah diverifikasinya suatu blog dapat dilihat pada RICH SNIPPETS TESTING TOOL tadi, yaitu akan tampil " Terverifikasi " seperti gambar sebelumnya. Manfaatnya adalah Google akan lebih senang meng-indeks setiap postingan bagi blog yang telah terverifikasi. Mau? Silahkan verifikasi blog sobat.

Demikian tutorial Cara mudah menampilkan rating bintang di pencarian google, Semoga bermanfaat... Selamat mencoba. Bagi yang merasa kesulitan atau terdapat kegagalan dalam mencoba cara diatas, dapat mempertanyakan langsung ke kami melalui kotak komentar yang tersedia. Kami akan menanggapi sesegera mungkin.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

17 comments

Write comments
22 Desember 2012 10.11 delete

mohon maaf gan mau tanya ni. apa yang di anjurkan memasang kode udah semua. setelah saya tinjau bintang gak muncul. cuma foto profil kira2 apanya yang kurang mas sehingga bintang nya gak kelihatn mohon bantuanya sy udah berjam jam di halaman ini untuk pratek hasilnya blm saya dapat sekali lg mohon pencerahannya makasih.

Reply
avatar
22 Desember 2012 10.17 delete

ohya mas setelah saya cermati ternyata kode yang terkhir ad dua di templat saya. sekarang dah berhasil makasih mas tenks.

Reply
avatar
22 Desember 2012 11.28 delete

@forum dewasa Maaf baru melihat pemberitahuan dari blogger, memang setiap template berbeda-beda, sehingga dalam pemasangan itu juga berbeda-beda, cara satu-satunya disave dan dilihat dipratinjau, dan harus lebih teliti lagi dalam melihat kodenya ya... Terima kasih telah memberitahu, :D

Senang bisa membantu, :D

Reply
avatar
11 Januari 2013 20.33 delete

mas kok kode < body > gk ada di template ane..?

Reply
avatar
5 Februari 2013 09.06 delete

kaga muncul gan di richsnipsetnya
napa ya

Reply
avatar
15 Februari 2013 21.39 delete

@kitapercaya mungkin karena dalam meletakkan kode deskripsi seperti tahap no.12. Setiap template berbeda-beda. Jadi di coba-coba aja,

bagi yang tidak ada kode "" dalam templatenya, sebenarnya itu ada. Coba cari dengan kode "<b0dy" abaikan tanda petik. kode tersebut tanpa tanda tutup. Penulisan ditemplatenya yang berbeda.
Semoga dapat membantu...

Reply
avatar
24 Februari 2013 17.01 delete

sama punya ane g ad body..pake yang saran agan yang hanya pake tanda kurung di depan aja tenyata bisa,,dan berhasil..thnk gan

Reply
avatar
28 Februari 2013 08.25 delete

@irvanIya, sama-sama irvan. Setiap tutorial yang di post di blog ini sudah di coba terlebih dahulu. Jika ada yang belum bisa dapat ditanyakan langsung. Secepatnya akan dibalas. :)

Reply
avatar
5 Maret 2013 06.54 delete

kalo misal akun google kita dibanned gmana.adakah cara untuk mengembalikan akun google + kita

Reply
avatar
15 April 2013 00.42 delete

Kalo tanpa menngunakan google plus, misal menggunakan profil blogger lawas bisa tidak?. Trims's infonya

Reply
avatar
15 April 2013 03.41 delete

wah ternyata ribet ya cara pasanginnya, wah asyik nich jd tantangan? hhhmmm

Reply
avatar
29 April 2013 07.58 delete

terima kasih sob,, akhirnya sudah bisa
:)

Reply
avatar
2 Mei 2013 05.02 delete

Ok mas sudah sukses terpasang ni dblog saya, thanks infonya

Reply
avatar
6 Mei 2013 19.08 delete

thanks gan, ane juga lagi riset tutor ginian

Reply
avatar
6 Juni 2013 08.29 delete

terimakasih mas sudah saya coba.sip

Reply
avatar
21 Juni 2013 22.19 delete

thanks gan, akhirnya blog ane udh bisa :D

Reply
avatar
21 Agustus 2013 01.17 delete

Terimakasih banyak atas informasi yang telah disampaikannya

Reply
avatar

Berkomentar lah dengan yang sopan yang tidak mengandung unsur SARA, PORNOGRAFI, Dan TIDAK diperkenankan untuk PROMOSI selain Persetujuan dari ADMIN. Jika di lakukan, Maaf komentar akan DI HAPUS.

Untuk menggunakan Emoticon Komentar, Klik Emoticon yang akan di pasang. Akan muncul kode emoticonnya. Masukkan itu pada saat berkomentar. Terima Kasih
EmoticonEmoticon