Penyebab Google Sandbox dan solusinya


Penyebab Google Sandbox dan manfaatnya | Apa itu Google Sandbox? Mungkin menjadi pertanyaan ataupun memberikan rasa penasaran bagi pembaca sekalian ketika melihat judul postingan ini. Sebab bagi para pencari Trik terbaru tentang SEO selalu menjadi "sensitif" ketika mendengar kata Google. Apa lagi kata-kata yang belum pernah didengar seperti Sandbox. Nah... begitu juga dengan ana, selalu tertarik ingin meng-eksplor lebih lagi mengenai Google. Untuk itulah postingan ini dibuat. Sekedar menambah informasi dan pengetahuan tentang SEO yang berkaitan erat dengan si mbah Google.



Apa itu Google Sandbox?
Bagi para blogger, postingan yang terindeks cepat oleh Google merupakan kesenangan yang luar biasa dalam blogging. Apa lagi jika terindeks dan mendapatkan peringkat satu dihalaman google. Rasanya bukan main. Terhapus segera keletihan dan kelelahan dalam menatap layar komputer untuk membuat satu postingan yang berharga itu. Alhasil pengunjung blog menjadi banyak. 

Tetapi tiba disuatu saat, Terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Gejala awalnya adalah berkurangnya pageview. Walaupun telah dipasang Widget Top Kategori dan Widget Other Post yang merupakan salah satu cara jitu dalam meningkatkan pageview. Selanjutnya berkurangnya "Visit Today" ataupun pengunjung per-harinya. Dan membuat blog menjadi sepi. Karena berkurangnya komentar-komentar pada blog, Walaupun sudah di pancing dengan Widget Recent Comment bergambar yang dapat menarik pengunjung untuk berkomentar. Cara mudah menampilkan rating bintang di pencarian google  yang dapat menarik pengunjung untuk mengunjungi blog profesional sobat pun menjadi sia-sia saja. Yang menjadi masalah adalah Merosotnya peringkat di Google menjadi halaman terakhir atau bahkan menghilang dari pencarian google. 

Itulah ilustrasi mengenai Google Sandbox. Inti dari pengertian Google Sandbox adalah Postingan yang awalnya terindeks oleh Google sampai bahkan menduduki peringkat satu menjadi jauh merosot ke halaman akhir google bahkan menghilang dari pencarian.

Apa penyebab dari Google Sandbox itu?
"Tidak ada asap jika tidak ada apinya" artinya segala sesuatu di dunia ini ada hubungan sebab dan akibatnya. Begitu juga dengan Google Sandbox.  Ada beberapa penyebab sebuah blog masuk kedalam Google Sandbox diantaranya :

1. Ganti Domain Baru

Kejadian ini bener-bener dialami ketika ganti domain dari genggamharapan.blogspot.com menjadi www.segenggam-harapan.com, awalnya sempat bingung tetapi dengan optimis dan semangat blogger akhirnya menjadi tahu penyebab berkurangnya pengunjung blog. Jawaban didapat ketika bertanya ke mbah Google, itu dinamakan dengan Sandbox google yang lebih kerennya dikenal dengan uji kelayakan web yang baru terbit. Jika pergantian domain ini tidak usah khawatir karena pasti akan muncul lagi ketika blog atau webnya telah terdaftar dan terverifikasi oleh Google.  Bagi sobat yang blognya belum terdaftar dan terverifikasi oleh Google dapat mengikuti langkah ini. Cara Daftar, Verifikasi, dan submit di Google Webmaster Tools. 

2. Submit Ping  atau Social Bookmark secara masal dalam waktu sehari

Ping digunakan untuk mendapatkan backlink dan social bookmark menjadi salah satu bentuk promo blog di situs lain. Namun jika digunakan secara masal sekaligus dalam sehari, Google akan menganggap itu sebuah SPAM dan akhirnya dimasukkan kedalam Google Sandbox. Akibatnya postingan yang didaftarkan pada social bookmark yang awalnya bertujuan untuk menaikkan peringkat di halaman google menjadi turun dan merosot hingga menghilang. Walaupun akhirnya dalam beberapa hari nanti akan naik kembali tetapi itu tidak akan lama dan akhirnya akan menghilang kembali. Saran yang dapat diberikan adalah hindarilah submit ping atau social bookmark secara masal agar tidak terpenjara didalam Sandbox.


3. Terlalu banyak pasang keyword dalam postingan, artikel copas serta banyaknya link keluar.

Dalam membuat postingan terkadang kita terlalu banyak membuat kata-kata dari judul keyword yang akan kita tembak. Misalnya judul postingan : "Keyword yang baik". Jika kata-kata ini diulang berkali-kali dalam postingan entah kenapa Google tidak menyukainya, mungkin karena dianggap sebagai iklan atau SPAM. Apalagi artikel hasil copas-an dan memberikan banyak link keluar, Google akan menganggap sebagai tindakan kriminal yang mencuri artikel orang lain. Sehingga saran yang pas adalah dengan mengurangi pasang keyword yang akan ditembak, membuat artikel sendiri atau membuat kata-kata artikel sendiri yang menjadi referensi yang didapat dari blog lainnya. Dan juga mengurangi memberikan link Live keluar dari blog sobat menuju blog yang lainnya.


Nah.. itu tadi sedikit informasi mengenai Penyebab Google Sandbox dan solusinya,
Bagi yang memiliki ilmu atau pengetahuan yang lebih mengenai Google Sandbox ini, dapat memberikan tambahannya disini agar bisa saling berbagi. Dalam postingan ini ana hanya memberikan informasi yang diketahui dan didapat mengenai Google Sandox, jadi jika ada salah ataupun tidak sesuai dapat memberitahu yang baik dan benarnya.

O ya... jangan lupa juga memasang Widget Update Status Twitter bertujuan untuk memberikan wadah bagi pembaca blog sobat untuk memberikan informasi updatean terbaru postingan blog sobat. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
5 Agustus 2013 01.28 delete

Thanks informasinya bermanfaat,....

Reply
avatar

Berkomentar lah dengan yang sopan yang tidak mengandung unsur SARA, PORNOGRAFI, Dan TIDAK diperkenankan untuk PROMOSI selain Persetujuan dari ADMIN. Jika di lakukan, Maaf komentar akan DI HAPUS.

Untuk menggunakan Emoticon Komentar, Klik Emoticon yang akan di pasang. Akan muncul kode emoticonnya. Masukkan itu pada saat berkomentar. Terima Kasih
EmoticonEmoticon