Pengertian DMCA dan Cara memasangnya di blog

Pengertian DMCA dan Cara memasangnya di blog | Salam sobat Blogger, mungkin pernah melihat blog lain mengambil konten blog sobat yang telah dengan susah payah membuatnya. Bagaimana perasaannya? Ingin menegurnya susah untuk diberikan nasehat dan tetap mengambil konten milik sobat? Nah... untuk masalah itu, ana bisa memberikan solusi yang jitu dan akan membuat jera bagi para pencuri konten tersebut. Penasaran solusinya? Bagaimana cara memasangnya? Itulah pertanyaan yang akan dijaab pada postingan ini.





Kembali ke pembahasan. Solusi yang ana berikan untuk pencurian konten tersebut adalah dengan memasang DMCA pada blog. Mungkin sobat bertanya-tanya apa itu DMCA? Disini akan ana jelaskan dan ulas secara lengkap mengenai DMCA dan cara memasangnya di blog.

DMCA adalah singkatan Digital Millenium Copyright Act yang merupakan sebuah cara dan solusi untuk perlindungan konten blog yang memiliki hak cipta agar tidak terjadinya pencurian konten blog atau pembajakan konten oleh oknum tertentu. Jadi dengan ini, dapat mem-protect konten blog sobat. Dan bagi yang suka Copy dan Paste sembarangan konten dan keaslian produk seperti produk yang berformat digital dan dipublish ke dunia maya, maka berhati-hatilah karena bisa jadi blog atau website sobat akan di remove dari dunia maya internet ini.


Jika tidak mau dianggap sebagai pencuri konten atau pengambil isi artikel orang lain. Ada beberapa cara yang harus dilakukan :

1. Jika sobat meng-copy paste seluruh isi kontennya, Pastikanlah sobat memberikan dan mencantumkan Link sumber artikel tersebut. Ini akan memberikan penghargaan kepada sumber. Contohnya, Jika sobat meng-copy artikel ini, cantumkan Link ini pada konten yang sobat buat.

2. Jika tertarik menggunakan atau memposting ulang artikel dari suatu blog atau website lainnya. Dan sobat dapat men-sunting artikel tersebut dengan lebih baik, artinya sobat membuat tulisan baru yang berbeda dengan tujuan yang sama. Dapat sobat memberikan link sebagai referensi pembuatan artikel.


Nah... itu tadi cara agar sobat tidak dianggap sebagai pencuri konten. Dengan begitu konten yang sobat buat merupakan artikel yang berkualitas dan baik untuk dipublikasi.

Contoh pemasangan DMCA pada blog :




Jika di klik pada DMCA nya maka akan tampil seperti berikut :




Untuk memasang tanda bahwa konten milik sobat telah terlindungi oleh DMCA. Sobat bisa mengikuti langkah-langkah berikut :

1.  Bukalah Link berikut : http://www.dmca.com/


Keterangan : Copy LINK tersebut dan buka pada Tab Baru Browser sobat.

2.  Setelah itu, pada Tab Protection Pro, pilih Protection Badges ( Free ) untuk yang gratisan. Dan bagi yang ingin berbayar. Pilihlah Protection Pro


3. Setelah itu, sobat dapat Register your Protection Badge, ini direkomendasikan agar mendapatkan pemberitahuan terbaru dari google mengenai DMCA melalui email. Isilah sesuai dengan data yang benar.




4. Setelah itu, pilihlah Badge yang sesuai dengan keinginan sobat. Dan copy kode tersebut kedalam blog sobat.  Caranya : Masuk ke DASHBOARD ==> TATA LETAK ==> TAMBAH Gadget ==> Pilih HTML /Javascript ==> Pastekan KODE yang didapat. ==> SIMPAN



5. Selesai dan lihat hasilnya.
Bagaimana hasilnya? Nah... itu tadi mengenai Pengertian DMCA dan Cara memasangnya di blog. Jika terdapat kesalahan atau masih ada yang gagal dapat memberitahu kepada kami melalui kotak komentar yang telah disediakan. Jika artikel ini tidak layak publikasi, Mohon untuk ditegur agar kedepannya akan lebih baik lagi.

Salam,
" Beragam Warna Satu Keluarga " 


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

14 comments

Write comments
19 Januari 2013 16.01 delete

berati DMCA bisa dipergunakan untuk melindungi konten2 yang ada di blog kita dari copy paste yang akhir2 ini marak terjadi ya..
terima kasih infonya dan sukses selalu buat anda

Reply
avatar
27 Februari 2013 00.22 delete

terimakasih gan atas tutornya, sangat membantu sekali

Reply
avatar
28 Februari 2013 05.08 delete

Iya sama-sama,
senang rasanya bisa membantu, :D

Reply
avatar
15 Maret 2013 06.37 delete

gan maaf sebelumnya gmn klw udh dpt teguran yang semacam seperti gambar ini
http://2.bp.blogspot.com/_JX5QbXApsNQ/TLUKcKLWgxI/AAAAAAAABkk/eRfZ2m9zXOU/s1600/Keluhan.jpg

mohon penjelasan'y secepat mungkin terima kasih

Reply
avatar
25 April 2013 08.25 delete

wahhh mantap gan.. ane udah daftar gan..!

kebiasaan tuh gan bagi para blogger amatiran, yang bingung untuk nulis apa..

salam kenal gan..!

Reply
avatar
7 Mei 2013 03.55 delete

cara ngelapornya gimana sob?

Reply
avatar
20 Oktober 2013 01.01 delete

Makasih banyak gan.
terbantu banget buat ane bikin tugas kuliah.. :)

Reply
avatar
21 Oktober 2013 18.46 delete

Iya gan.. seperti proteksi untuk konten punya kitalah.. Terima kasih telah berkunjung.. (o)

Reply
avatar
21 Oktober 2013 19.01 delete

Itu bisa jadi ada yang sudah melaporkan kontennya, coba cek langsung ke DMCA nya gan, :-?

Reply
avatar
21 Oktober 2013 19.38 delete

Silahkan di coba gan... semoga membantu, :D

Reply
avatar
21 Oktober 2013 19.40 delete

Iyaa gan, bagusnya proteksi pake ini aja, biar gak ada yang 'nyuri', :D

Salam kenal juga gan.. (o)

Reply
avatar
21 Oktober 2013 19.41 delete

Langsung aja ke DCMA nya gan, ada cara-cara nya juga disana, [-(

Reply
avatar
21 Oktober 2013 19.44 delete

Sama-sama... makasi telah berkunjung, :))

Reply
avatar

Berkomentar lah dengan yang sopan yang tidak mengandung unsur SARA, PORNOGRAFI, Dan TIDAK diperkenankan untuk PROMOSI selain Persetujuan dari ADMIN. Jika di lakukan, Maaf komentar akan DI HAPUS.

Untuk menggunakan Emoticon Komentar, Klik Emoticon yang akan di pasang. Akan muncul kode emoticonnya. Masukkan itu pada saat berkomentar. Terima Kasih
EmoticonEmoticon