Arsitektur Sistem Operasi Android


Arsitektur Sistem Operasi Android | Salam sahabat, Memang aneh jika melihat isi dalam blog ini, semua bercampur tanpa ada postingan bertema. Jadilah blog ini sebagai blog gado-gado. Namun itulah tujuan ane membuat blog ini. Memberi ilmu yang ane ketahui. Semoga dapat memberikan manfaat kepada pembaca terutama kepada ane... Amin..


Pada postingan kali ini, ane ingin mengulas kembali mengenai Android. Kenapa Android? Karena salah satu OS Phone yang sangat laku dan tren nya. Jadi jika sobat dapat mempelajarinya apalagi dapat membuat aplikasi Android. Sobat bisa memanfaatkan kesempatan yang ada sebagai Pembuat Aplikasi Android, bisa jadi sumber penghasilan juga loh...


Nah... kembali ke pembahasan.
Sebelumnya ane telah membuat postingan mengenai Pengertian, Sejarah, dan fitur-fitur yang ada pada Android. Ada juga mengenai Versi-versi yang ada di Android. Perlu juga dibaca untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai Android. 



Kali ini kita berkenalan lebih dalam lagi dengan si Android. Kita akan mengenal Arsitektur Android. Sudah kenal belum dengan Arsitektur Android? Kalo belum mari kita berkenalan.... :D

Arsitektur menurut wikipedia adalah seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lansekap, hingga ke level mikro yaitu desain bangunan, desain perabot dan desain produk. 


Tetapi itu pengertian Arsitektur dalam bidang Arsitek. Kalo dalam bidang IT,  Arsitektur berkaitan dengan atribut - atribut yang mempunyai dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program. Jadi jika dicari persamaanya, Arsitektur itu seperti pembangun. Artinya apa-apa aja yang dibutuhkan dan berkaitan erat dengan objeknya. Jika kita mempelajari Android, bisa diibaratkan kita harus mengenal "organ-organ " Android itu sendiri. Agar bisa membuat aplikasi dengan baik, tentunya kita harus mengetahui arsitektur OS Android beserta elemen elemennya. Ada apa aja?

Tahukah sobat bahwa Android menggunakan bahasa pemrograman JAVA yang berasas kan object oriented? Jadi sudah pasti Android dibangun dengan menggunakan asas object oriented dimana elemen-elemen penyusun sistem operasinya berupa objek yang dapat digunakan kembali/Reusable. Reusable berarti komponen-komponen yang ada pada aplikasi Android bisa kita pakai ketika kita membutuhkannya. Khususnya komponen-komponen pada layer pertama dan kedua. Misalnya kita ingin membuat sebuah web browser sederhana, maka kita hanya perlu menginstanstiasi kelas WebKit browser yang berfungsi untuk menampilkan web page. 




Arsitektur android terdiri dari 4 layer komponen, yaitu:

1. Layer Applications dan Widget

Layer pertama pada Arsitektur OS Android adalah Layer Applications dan Widget. Layer ini merupakan layer yang berhubungan dengan aplikasi-aplikasi inti yang berjalan pada Android OS.  Seperti klien email, program SMS, kalender, browser, peta, kontak, dan lain-lain. Semua aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa Java. Apabila kalian membuat aplikasi, maka aplikasi itu ada di layer ini.

2.  Layer Applications Framework

Layer kedua dari Arsitektur Sistem Operasi Android adalah Applications Framework. Applications Framework merupakan layer dimana para pembuat aplikasi menggunakan komponen-komponen yang ada di sini untuk membuat aplikasi mereka. Beberapa contoh komponen yang termasuk di dalam Applications Framework adalah sebagai berikut:

Views
Content Provider
Resource Manager
Notification Manager
Activity Manager
Layer Libraries

3. Layer Libraries dan Android RunTime

Selanjutnya pada layer ketiga pada sistem operasi Android ada Libraries dan Android RunTime. Libraries merupakan layer tempat fitur-fitur android berada. Pada umumnya libraries diakses untuk menjalankan aplikasi. Beberapa library yang terdapat pada android diantaranya adalah libraries Media untuk memutar media video atau audio, libraries untuk menjalankan tampilan, libraries Graphic, libraries SQLite untuk dukungan database, dan masih banyak library lainnya.

Android RunTime merupakan layer yang membuat aplikasi android bisa dijalankan. Android RunTime dibagi menjadi dua bagian yaitu:

a) Core Libraries : berfungsi untuk menerjemahkan bahasa Java/C
b) Dalvik Virtual Machine : sebuah mesin virtual berbasis register yang dioptimalkan untuk menjalankan fungsi-fungsi pada Android secara efisien.

4.  Layer Linux Kernel

Terakhir, Layer dasar dari sistem operasi Android adalah Linux Kernel. Linux Kernel merupakan layer tempat keberadaan inti dari operating system android. Layer ini berisi file-file system yang mengatur system processing, memory, resource, drivers, dan sistem android lainnya. Inilah yang membuat file sistem pada Android mirip dengan file sistem pada sistem operasi berbasis Linux. Kernel yang digunakan adalah kernel Linux versi 2.6, dan versi 3.x pada Android versi 4.0 ke atas. Kernel ini berbasis monolithic.


Nah... itu tadi Arsitektur pada sistem operasi Android. Setelah mengenal "organ-organ: penting dari android tersebut diharapkan dapat lebih memahami dan mengerti dalam membuat aplikasi android nantinya. Semoga bermanfaat. Diucapkan terima kasih kepada http://www.twoh.web.id/ atas artikelnya.
Nantikan postingan selanjutnya mengenai cara membuat aplikasi Android. Jika terdapat kesalahan, mohon memberitahu kepada kami melalui kotak komentar yang tersedia. Dengan sesegera mungkin akan di tanggapi.

Salam,


Beragam warna, banyak cerita.. :D


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 comments

Write comments
2 Mei 2013 23.43 delete

ini dia sistem operasi yang menghentikan dominasi apple, sebelum android dateng apple pemain tunggal pembuat smartphone dengan OS yang atraktif, sekarang banyak produsen smartphone besar kaya samsung, sony n htc pake android itu yang membuat dominasi apple sekarang semakin meredup.

Reply
avatar
26 Mei 2013 03.10 delete

Artikel yang saya sukai ini mas! terimakasih sudah berbagi!

visit back ya!

Reply
avatar
29 Mei 2013 04.29 delete

Benar sekali sob @Yogi Wijaya, android berkembang dan dikenal dengan pesat. Sampe-sampe BBM akan ada diandroid bulan juni-agustus mendatang, jadi gak perlu pake BB lagi, :D

Reply
avatar
29 Mei 2013 04.30 delete

@Seputar Android Terima kasih telah berkunjung... :D

Reply
avatar

Berkomentar lah dengan yang sopan yang tidak mengandung unsur SARA, PORNOGRAFI, Dan TIDAK diperkenankan untuk PROMOSI selain Persetujuan dari ADMIN. Jika di lakukan, Maaf komentar akan DI HAPUS.

Untuk menggunakan Emoticon Komentar, Klik Emoticon yang akan di pasang. Akan muncul kode emoticonnya. Masukkan itu pada saat berkomentar. Terima Kasih
EmoticonEmoticon