Versi-versi terbaru Android

Versi-versi terbaru Android | Salam sobat, Pada postingan kali ini kita masih mengenai pengenalan dasar Android. Sebelumnya telah dibahas mengenai Pengenalan dan Sejarah Android. Dan hanya sekilas membahas mengenai versi-versi yang telah diluncurkan Android. Nah... untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat mengenai si "robot-hijau" ini, ane ingin berbagi artikel mengenai Versi-versi terbaru Android.

Sebagaimana yang telah diketahui, bahwa Android merupakan sebuah sistem operasi yang diperuntukkan secara open source alias tidak dikenai lisensi. Maka dari itu, keunggulan utama ini menyebabkan Android banyak yang mengembangkan. Sehingga Android berkembang pesat dan dapat dikenali dengan mudah. Sejak peluncurannya, hingga saat ini telah ada berbagai versi-versi Android. Dan inilah versi-versi terbaru Android :

1. Android versi 1.1



Pada saat peluncuran perdana Android pada tanggal 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler. Google merilis Android versi 1.1, pada 9 Maret 2009. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, pencarian suara, pengiriman pesan dengan gmail, dan pemberitahuan email.

2. Android Cupcake versi 1.5

Setelah dunia dikejutan dengan versi 1.1, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan Software Development Kit (SDK) dengan versi 1.5, pada pertengahan Mei 2009. Android versi 1.5 merupakan pengembangan Android dari versi sebelumnya yaitu Android versi 1.1. Penambahan fitur dari sebelumnya seperti kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Blouetooth A2DP, bisa terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.

3. Android Doughnut versi 1.6

Selanjutnya versi Android lainnya adalah Android Doughnut 2.1 . Salah satu ponsel yang juga memakai sistem operasi tersebut adalah HTC G1.  Kelebihan fitur Doughnut dibandingkan dengan veri-versi yang lainnya adalah memberi fitur lebih daripada OS Android 1.5 Cupcake. Fitur terbarunya adalah kamera, camcorder, galeri yang dintegrasikan, dan pengguna dapat menghapus foto di galeri.Versi ini dirilis September 2009.

4. Android Eclair versi 2.1

Tidak lama setelah Android versi Doughnut dirilis, tepat pada tanggal 26 Oktober 2009 kembali diluncurkan versi terbaru yakni Android Eclair versi 2.1. Hal yang membedakan dengan versi sebelumnya adalah tampilannya. Selain itu, Android Eclair juga mengalami peningkatan dalam akun email, dimana kita dapat memiliki beberapa akun email sekaligus atau disebut multiple account. Koneksi bluetooth dalam Eclair juga telah diperbaharui ke versi 2.1 . Fitur terbaiknya adalah fitur Live Wallpaper yaitu wallpaper yang dapat bergerak menggunakan animasi sehingga wallpaper terkesan lebih nyata.

5. Android Froyo (Frozen Yoghurt) versi 2.2

Setahun setelah dirilisnya Android Eclair, pengembang Android kembali merilis Android versi terbaru pada tanggal 20 Mei 2010 yakni Android Froyo (Frozen Yoghurt) versi 2.2. Versi ini memiliki performa, memori, dan kecepatan yang lebih tinggi. Disediakan pula fitur untuk menon-aktifkan paket data yang memungkinkan kita yang masih remaja menghemat pulsa dalam penggunaan Android karena memang OS Android membutuhkan koneksi terus-menerus yang menguras pulsa. Yang membuat versi ini berbeda dari versi sebelumnya adalah kemampuan untuk melakukan Tethering, dimana gadget Android kita dapat dijadikan hotspot Wi-Fi! 

6. Android Gingerbread versi 2.3

Masih di tahun 2010, Pengembang Android kembali merilis versi baru yakni Android Gingerbread versi 2.3 pada tanggal 6 Desember 2010. Versi ini lebih ditujukan kepada smartphone yang memiliki prosesor dan layar yang lebih besar. Versi ini juga telah menyediakan fitur copy/paste yang telah dinanti-nantikan banyak orang. Selain itu diberikan pula Download Manager yang baru untuk kemudahan mengorganisir file-file yang di-download di Android sobat. Fitur ini juga mengalami peningkatan di permainan. Fitur utama dari si Roti Jahe ini adalah NFC alias Near Field Communication. Fitur ini memungkinkan kita untuk membayar barang-barang, mendapat informasi di museum, bahkan memesan tiket pesawat langsung di tempat-tempat yang telah memiliki tag NFC. 

7. Android Honeycomb versi 3.1

Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan Honeycomb adalah Motorola Xoom. Perangkat tablet dengan platform Android 3.0 sudah hadir di Indonesia. Misalnya Asus Eee Pad Transformer, Samsung Galaxy Tab 8.9 dan 10.1, dan lain-lain

8. Android ICS (Ice Cream Sandwich) versi 4.0

Diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2011, membawa fitur Honeycomb untuk smartphone dan menambahkan fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC.

9. Android Jelly Bean versi 5.0

Versi ini diluncurkan pada tahun 2012 yang pastinya bakalan memiliki fitur-fitur terbaru yang super canggih dan complete, yang akan memanjakan para penggunanya.



Nah... itu tadi versi-versi terbaru android dengan berbagai macam nama yang sebagian besar diambil dari nama makanan dan juga dengan berbagai fitur-fitur terbaru setiap kali rilisnya. Terimakasih kepada drooidtoday.com atas artikelnya. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan para pembaca sekalian. Untuk versi Android terbaru lainnya akan diupdate, nantikan ya...
Postingan mengenai cara membuat aplikasi android dengan mudah akan segera dibuat. Nantikan juga ya..

Salam...
:D



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berkomentar lah dengan yang sopan yang tidak mengandung unsur SARA, PORNOGRAFI, Dan TIDAK diperkenankan untuk PROMOSI selain Persetujuan dari ADMIN. Jika di lakukan, Maaf komentar akan DI HAPUS.

Untuk menggunakan Emoticon Komentar, Klik Emoticon yang akan di pasang. Akan muncul kode emoticonnya. Masukkan itu pada saat berkomentar. Terima Kasih
EmoticonEmoticon